Jakarta, Aktual.com – Gelandang Real Madrid Toni Kroos menyatakan bakal gantung sepatu di klub Spanyol itu, meskipun belum tahu kapan waktu untuk itu akan tiba.

Menurut beberapa laporan media Spanyol, pemain asal Jerman yang akan berusia 33 tahun pada Januari nanti, sedang mempertimbangkan untuk pensiun dini dari klub sepak bola pada akhir musim.

Kroos menyatakan pensiun dari tugas internasional bersama timnas Jerman pada Juni tahun lalu setelah tersingkir di babak 16 besar oleh Inggris di ajang Euro 2020, tetapi kemudian mengatakan laporan itu “lucu” karena dia merasa belum memutuskan masa depannya.

“Saya merasa sangat baik secara fisik, semuanya berjalan baik di lapangan, saya sangat senang,” kata Kroos saat konferensi pers, Selasa (2/11), menjelang pertandingan Liga Champions Real Madrid kontra Celtic.

“Kadang-kadang lucu jika membaca sesuatu ketika saya sendiri bahkan tidak tahu apa yang akan terjadi. Tahun depan saya akan memikirkannya, atau di jeda (Piala Dunia) saya akan berpikir sedikit tentang apa yang mungkin terjadi. Sedikit demi sedikit saya akan memikirkannya lalu akan memutuskan.”

“Apa yang selalu saya katakan dan tidak berubah adalah bahwa saya tidak akan pindah klub. Saya akan selalu tinggal di sini, saya akan pensiun di sini. Satu-satunya hal yang saya tidak tahu adalah kapan.”

Kroos, yang dikeluarkan dari lapangan untuk pertama kalinya sepanjang karir bersama Madrid saat bermain imbang 1-1 dengan Girona pada Minggu, bergabung dengan Real Madrid pada 2014 dari Bayern Munich.

Dia telah sukses memenangkan Liga Champions empat kali bersama Los Blancos, sekali dengan klub raksasa Jerman, meraih tiga gelar juara Liga Spanyol dan tiga juara di Liga Jerman, serta Piala Dunia bersama tim nasionalnya pada tahun 2014.

Gelandang itu dengan senang hati akan menunggu kemungkinan pembicaraan perpanjangan kontrak bersama Madrid hingga akhir Maret musim depan.

“Klub ini sangat tenang seperti saya. Saya sudah berada di sini hampir delapan setengah tahun,” tambah Kroos. “Kami akan berbicara dengan tenang pada Januari, Februari, atau bahkan Maret.”

Madrid akan mengunci posisi teratas grup Liga Champions mereka dengan kemenangan atas Celtic pada Rabu.

Sementara itu pelatih Carlo Ancelotti mengkonfirmasi bahwa striker Karim Benzema sudah merasa lebih baik setelah mengalami masalah paha dan berpeluang masuk dalam skuad, meskipun Aurelien Tchouameni belum siap setelah cedera otot.

(As'ad Syamsul Abidin)