Jayapura, aktual.com – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di  TPS 043 Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Provinsi Papua yang melaksanakan pemilu susulan sepakat memperpanjang waktu coblos untuk menunggu warga datang pada Kamis (18/4).

Ketua KPPS TPS 043 Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Matias Wiran, di Jayapura, mengatakan kesepakatan memperpanjang waktu ini dikarenakan hujan deras yang mengguyur wilayah setempat sejak pagi.

“DPT kami 195, sedangkan surat suara kami 199 sesuai dengan ketentuan KPU yakni jumlah DPT ditambah dua persen,” katanya.

Menurut Matias, dari jumlah 195 DPT, hingga kini warga yang datang untuk mencoblos baru mencapai 100 orang, di mana kebanyakan datang menggunakan KTP bukan formulir C-6.

“Kami berharap cuaca hujan ini segera reda sehingga warga bisa berduyun-duyun datang ke TPS untuk mencoblos,” ujarnya.

Dia menjelaskan cuaca yang tidak mendukung tersebut tampaknya membuat warga tambah enggan datang ke TPS untuk mencoblos.

“Namun kami yakin, jika hujan reda sedikit pasti warga yang kemarin sudah datang namun batal mencoblos akan datang lagi sehingga perpanjangan waktu ini bisa memberikan kesempatan bagi pemilih,” katanya.

Dia menambahkan meskipun dilakukan perpanjangan waktu yang tidak terlalu lama tersebut, proses penghitungan dan lain sebagainya masih dapat dilaksanakan dan selesai sesuai aturan.

Ant.

(Zaenal Arifin)