Jakarta, Aktual.com — Sebanyak delapan penerbangan mengalami penundaan selama dua jam lebih, saat kepulangan Presiden Jokowi dan rombongan, usai menghadiri kegiatan Karnaval Khatulistiwa di Pontianak.

“Untuk aktivitas penerbangan pada hari ini memang terjadi penundaan penerbangan, dimana ada delapan maskapai yang ditunda pada pagi tadi, menunggu keberangkatan pesawat RI 1 di bandara ini,” kata GM PT Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro di Sungai Raya, Minggu (23/8).

Dia menjelaskan, antara pukul 07.00-09.00 WIB setidaknya ada enam penerbangan dari dan menuju Pontianak, kemudian dari pukul 09.00-10.00 WIB, ada dua penerbangan yang tertunda.

“Kita harapkan semua penumpang yang pesawatnya mengalami penundaan bisa memakluminya,” ujarnya.

Pihak bandara sudah melakukan koordinasi dengan semua maskapai dan AIRNAV Indonesia, untuk mengatasi penundaan penerbangan tersebut.

“Akibat penundaan penerbangan itu, kemungkinan aktivitas penerbangan di Supadio akan berlanjut lebih lama dari hari biasanya,” kata Bayuh.

Dia menambahkan, selama kegiatan Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, terjadi peningkatan jumlah penumpang mencapai 20 persen, sama seperti pada puncak arus mudik Lebaran kemarin.

Untuk pergerakan penumpang per hari, sejak Kamis (20/8) sampai hari ini pergerakan penumpang per hari mencapai 10 ribu orang lebih. Bahkan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut beberapa maskapai penerbangan mengajukan penambahan jam terbang.

“Efek dari kegiatan itu masih akan terjadi hingga hari Selasa nanti, karena beberapa peserta maupun pengunjung yang menghadiri kegiatan itu baru akan pulang pada hari ini hingga Selasa nanti.”

(Ant)

()