Jakarta, Aktual.com — Ustadzah Nur Hasanah kepada Aktual.com, di Jakarta, Selasa (22/03), menuturkan, bahwa Rasulullah SAW telah memberikan perintah serta gambaran dalam hal berpakaian yang harus diikuti oleh umat Islam. Adapun tuntunan dari Nabi Muhammad SAW, adalah sebagai berikut:

1. Berdoalah ketika akan berpakaian, dan kita bisa membaca,

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرَ مَاهُوَلَهُ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَاهُوَلَهُ. رواه ابن السني عن أبي سعيد الخدري

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikannya (pakaian ini) dan kebaikan yang untuknya ia diciptakan. Dan aku berlindung pada-Mu dari keburukannya (pakaian ini) dan keburukan yang untuknya ia (biasanya) dipergunakan.”

2. Berdoalah ketika akan mengenakan pakaian baru. Doa yang bisa kita baca yakni,

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Artinya, “Ya Allah, hanya milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan dari pakaian ini dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang diciptakan karenanya3. Disunahkan memakai pakaian dari sebelah kanan terlebih dahulu.”

4. Berpakaianlah dengan rapi dan indah disesuaikan dengan tempat, tanpa berlebihan dan tidak dipaksakan

5. Disunahkan melepaskan pakaian dari sebelah kiri terlebih dahulu. Dan membaca doa,

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلأَ هُوَ

Artinya, “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia.”

()

()