Dalam aksinya ribuan bidan melihat tak kurang dari 40.000 Bidan Desa PTT yang bertugas di seluruh wilayah di Indonesia, yang belum diangkat juga menjadi PNS. Dapat dikatakan bahwa tugas mereka cukup berat karena berlokasi di desa-desa terpencil dengan minimnya infrastruktur dan tekhnologi kesehatan, namun mereka harus terus bekerja untuk melayani masyarakat bawah di desa-desa terpencil.

Jakarta, Aktual.com — Ribuan demonstran dari bidan desa masih bertahan. Hingga sekitar pukul 17.30 wib, mereka masih bersemangat menyampaikan aspirasinya di sekitar Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Sekitar pukul 16.00 Wib sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Pusat Forum Bidan Desa PTT Indonesia, Lilik Dian Ekasari, menyampaikan hasil pertemuannya dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Crisnandi.

Lilik bersama sembilan rekannya mewakili ribuan bidan desa melakukan audensi perihal tuntutan diangkat menjadi pegawai tetap dari pegawai tidak tetap. Hasilnya, Menteri Yuddy berjanji akan mengangkat bidan desa tanpa syarat pada Januari hingga April 2016 mendatang.

Meski hasilnya menggembirakan, namun ribuan bidan masih menggelar aksi. Massa bergeser dari depan Istana Negara ke depan Patung Kuda, atau perempatan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Timur.

Lilik belum bisa dikonfirmasi perihal pergerakan aksi hingga petang ini. Akan tetapi, saat berjalan dari Istana Negara ke Patung Kuda, Lilik turun dan mendatangi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) pimpinan Luhut Binsar Pandjaitan.

()