Karangasem, Aktual.com – Ini perhatian bagi Anda yang ingin berlibur di Bali. Anda silakan mengeksplorasi kawasan wisata di Pulau Dewata, tetapi tidak untuk radius 8-10 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung. Apa yang dilakukan oleh turis asal Rusia bernama Evgnil Cklippikov sama sekali tak patut ditiru. Ia nekat naik ke puncak gunung yang tengah dalam fase erupsi tersebut.

Kapolres Karangasem, Ajun Komisaris Besar Wayan Gede Ardana menjelaskan, dari hasil interogasi, pria 36 tahun tersebut tak tahu jika Gunung Agung dalam situasi bahaya. “Indo dari Kapolsek Selat setelah ditanya kepada yang bersangkutan, dia tidak tahu kalau itu zona berbahaya,” kata Ardana saat dihubungi, Kamis (28/12).

Evgnil naik ke puncak Gunung Agung melalui Pura Pasar Agung, Selat sekitar pukul 02.20 WITA semalam. Ia berada di puncak Gunung Agung sekitar 1,5 jam. Ia memotret kawah gunung yang terus terisi dengan lava tersebut. Pukul 11.48 WITA ia tiba di Dusun Sogra, Desa Sebudi, Selat (Pura Pasar Agung).

“Kondisinya baik-baik saja. Sekarang lokasi pendakian yang dilalui oleh yang bersangkutan telah diportal agar tak ada lagi yang naik ke atas,” ujarnya.

Kapolres kembali menegaskan jika radius 8-10 kilometer dari puncak Gunung Agung merupakan zona bahaya yang rawan untuk dikunjungi. Ia meminta semua pihak menaati rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). “Taatilah rekomendaai PVMBG, taati rekomendasi pemerintah untuk keselamatan pribadi masing-masing,” pintanya.

Laporan Bobby Andalan, Bali

()

()