Bantuan Pemerintah Turki (AFAD) yang akan dikirimkan ke Ukraina (Dok. AFAD)

Ankara, Aktual.com – Turki menyatakan pihaknya bakal mengirim konvoi bantuan kemanusiaan ke Ukraina melalui Bulan Sabit Merah Turki dan Badan Pemerintah untuk Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD). Konvoi itu diklaim akan memenuhi kebutuhan dasar yang mendesak dan berkoordinasi dengan Palang Merah Ukraina. ungkap Kerem Kinik, kepala Bulan Sabit Merah Turki, di Twitter.

“Tim kami sedang dikerahkan ke wilayah tersebut dengan tenda gudang penyimpanan, tenda tipe keluarga dan kendaraan katering,” kata Kepala Bulan Sabit Merah Turki, Kerem Kinik di Twitter, Jum’at (25/2) kemarin.

Sementara itu, seperti dilansir dari Anadolu Agency, AFAD menyatakan lima truk bantuan kemanusiaan yang dikirimkan ke Ukraina, termasuk makanan, selimut, tempat tidur, bahan kebersihan dan tenda.

Seperti diketahui, intervensi militer Rusia di Ukraina memasuki hari kedua pada Jumat lalu, dengan laporan terbaru menunjukkan bahwa pasukan Rusia bergerak menuju ibu kota Kyiv dari beberapa arah. Putin telah memerintahkan intervensi militer pada Kamis, beberapa hari setelah mengakui dua wilayah yang dikuasai separatis di Ukraina timur.

Sebaliknya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy justru menuduh Rusia mencoba membangun pemerintahan boneka. Zelenksyy pun mengatakan Ukraina akan membela negara mereka dari agresi Rusia.

(Megel Jekson)