Jakarta, Aktual.com — Sejauh ini di negara Rusia, Islam seringkali dikaitkan dengan terorisme. Terlebih bagi sebagian besar Muslimah yang tinggal disana menganggap mereka sebagai ‘Janda Hitam’ (Black Widow).

Hal ini tidak lain dikarenakan wanita-wanita tersebut juga bertindak sebagai pelaku bom bunuh diri yang dengan sengaja ingin membalas kematian ayah mereka, saudara, dan suami. Sehingga secara terang-terangan media mengangkat ‘stereotip’ ini sebagai pemberitaan penting.

Saat ini, sekitar 16 persen dari populasi warga Moskow diperkirakan adalah warga Muslim. Diketahui, pewarta The New York Times telah bertemu dengan beberapa wanita yang saling membagikan tujuannya yang sama, yakni mengubah visi Islam di Rusia. Namun sayangnya, cara mereka untuk mencapai tujuan tersebut rupanya berbeda satu sama lain.

“Orang-orang selalu membutuhkan musuh. Kebanyakan komunitas Muslim yang sekarang bertempat di Ukraina telah menciptakan musuh baru dan saya memperhatikan bahwa umat Islam telah banyak disorot,” kata Rezeda Suleyman, perancang busana berusia 23 tahun.

Rezeda sendiri hingga saat ini, sudah melakukan banyak terobosan khususnya dalam hal gaya hidup bagi sejumlah warga Muslim di Rusia selama tiga tahun. Dalam melaksanakannya, mereka membuat sebuah acara amal dan kemudian mengundang selebriti ternama yang dianggap panutan bagi penonton muda untuk hadir dalam acara tersebut.

“Selebriti membantu kita untuk memecahkan stereotip dan menciptakan citra positif dari perempuan Muslim.” Agar Muslimah lain seperti dia melihat terbukanya peluang baru dalam mengubah persepsi.

Zulfiya Raupova, komposer musik, mencoba untuk mengubah visi islam melalui musiknya.

“Saya merasa tanggung jawab yang besar untuk memecahkan stereotip tentang Muslim dengan musik dan sikap saya,” katanya.

Oleh sebab itu, meskipun berbagai upaya yang dilakukan untuk mendefinisikan kembali peran Islam di Rusia belum terasa, beberapa Muslim mengakui bahwa memang dalam proses integrasi tersebut agar dapat masuk ke dalam arus utama warga Rusia untuk dapat diterima nyatanya masih menimbulkan banyak tantangan.(Laporan Reporter Aktual.com: Ludyah Annisah, Sumber: MVslim).

()