Jakarta, aktual.com – Universitas Indonesia menyediakan ruang kerja bersama atau kolaborasi (co-working space) untuk membantu perusahaan rintisan dalam mengembangkan usahanya.

“Ruang kerja bersama ini bertujuan untuk merangkul para perusahaan rintisan binaan agar bertahan, serta memberikan mereka ruang kerja untuk mengembangkan usahanya,” ujar Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit – Unit Usaha (DPPU) Universitas Indonesia, Dr Nia Noerhadi, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (6/12).

Nia menjelaskan bahwa ruang kerja bersama tersebut, merupakan bentuk kontribusi nyata UI dalam menumbuhkembangkan ekonomi kreatif serta mendukung program pemerintah Gerakan Nasional 1000 Start up Digital.

Ruang kerja bersama tersebut menyediakan beragam pilihan ruang kerja, baik untuk kerja sendiri, bersama, ruang rapat maupun kantor ukuran kecil dengan berbagai fasilitas seperti meja, kursi, jaringan internet, sofa,tempat penyimpanan, serta akses menggunakan fasilitas dan data base Perpustakaan Universitas Indonesia bagi pengunjung yang bukan mahasiswa UI. Ruangan tersebut terletak di Gedung Perpustakaan UI Depok, Jawa Barat.

Perusahaan rintisan, lanjut dia, mempunyai sejumlah kendala seperti kantor hingga modal.Perusahaan rintisan sulit mendapatkan modal, karena investor ingin menanamkan modal di usaha-usaha yang sudah berjalan dan terlihat hasilnya.

Perusahaan rintisan juga memiliki risiko yang tinggi. Kalaupun ada investor yang mau menanamkan modalnya, maka itu semata-mata untuk membantu perusahaan rintisan itu berkembang.

“Kami melalui UI Works ini berupaya membantu perusahaan rintisan mengatasi kendala yang dialami,” cetus Nia. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)