Ketua Pimpinan Sidang Paripurna DPR RI, Fahri Hamzah mengatakan bahwa sudah ada lima fraksi yang telah mengirimkan perwakilan anggotanya untuk duduk dalam panitia khusus (Pansus) hak angket KPK. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Video yang memperlihatkan penyidik senior KPK Novel Baswedan di kawasan perbelanjaan Orchad Road, Singapura yang beredar di media sosial mendapat perhatian publik. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah yang intens mengikuti informasi di media sosial mengaku sudah melihat dan menyarankan agar yang bersangkutan untuk kembali ke Tanah Air.

“Saya melihat video Novel jalan-jalan di Orchard Road, ya tolong di klarifikasi, kalau dia (benar) jalan-jalan di Orchard artinya dia sehat, ya pulanglah (ke Indonesia),” kata Fahri di Komplek DPR, Senayan, Selasa (15/8).

Masih dikatakan Fahri, Novel Baswedan jangan seperti buronan BLBI yang bersembuyi di negeri singa itu. Sebab, sambung dia melihat kondisi di video artinya tinggal pemulihan saja dan itu bisa ditangani dokter-dokter di Indonesia.

Fahri juga menjelaskan bahwa kehadiran Novel di Indonesia juga dalam rangka mempercepat untuk memberikan keterangan atas kasusnya tersebut.

“Bicara di sini (Indonesia), ada apa sembunyi di Singapura kayak koruptor BLBI gitu loh. Datang aja ke sini ngomong baik-baik,” papar dia.

Bahkan, bila kemudian Novel khawatir dengan keselamatannya, DPR RI akan memberikan perlindungan terhadap dirinya atas kasus penyerangan dengan air keras oleh orang tidak dikenal di kawasan rumahnya.

“Tapi ngomong yang benar jangan cari sensasi. Kalau sehat pulanglah,” pungkasnya.

Novrizal Sikumbang

(Arbie Marwan)