Jakarta, Aktual com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima kunjungan kerja Walikota Pontianak Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono di ruang kerjanya, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Menurut Wamentan Harvick, kedatangan Walikota Pontianak ini dalam rangka memperkuat sinergitas antara pemerintah daerah dengan pusat dalam menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

“Kunjungan pak Walikota hari ini untuk memperkuat sinergitas dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional,” kata Wamentan.

Wamentan Harvick mengatakan perlunya sinergi dan kolaborasi lintas sektoral untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Sebab, saat ini sektor pangan dihadapkan tantangan yang luar biasa. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya yang tidak biasa-biasa saja.

“Sektor pangan saat ini dihadapkan tantangan yang luar biasa. Maka perlu ada sinergi dan kolaborasi untuk menjaga dan meningkatkan produktivitas pertanian nasional,” ucapnya.

Selain itu, Wamentan Harvick juga mendorong Pemerintah Kota Pontianak untuk memaksimalkan pengembangan tanaman hortikultura.

Sebab, pengembangan tanaman hortikultura dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Pontianak. Apalagi, Pontianak menjadi salah satu penyuplai tanaman hortikultura di daerah sekitar.

Wamentan Harvick pun mengapresiasi langkah Pemkot Pontianak yang akan mengembangkan agrowisata di daerahnya.

“Hasil pertanian hortikultura bisa memberikan nilai tambah yang besar bagi petani meskipun diolah pada lahan yang kecil,” ungkapnya.

(A. Hilmi)