Jombang, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi memberikan sambutan pada acara pelatihan wirausaha pertanian di hadapan para kaum milenial. Dalam sambutannya dia memberikan motivasi kepada peserta.

“Ketertarikan kaum muda di dunia pertanian haruslah ditingkatkaan, karena sektor pernian adalah sektor strategis, ” kata harvick, (21/10).

Harvick juga menyadari sektor pertanian saat ini masih dipandang bukan jadi pilihan utama dalam memilih karier. Oleh sebab itu selalu mengatakan ada dua hal yang bisa mendorong kaum muda mau jadi petani yautu trust dan income.

Tokoh muda Nahdlatul Ulama ini mengungkapkan trust harus didorong dengan memberikan dukungan misalnya pelatihan tepat guna, kemudahan akses permodalan dan memberikan bantuan perakatan agar meningkatkan produktivitas.

Dia juga mengingatkan maindset kaum muda haruslah dirubah soal pertanian. Harus berfikir bagaimana menjadi ‘petani berdasi’, bagaiman membentuk korporasi dalam bentuk koperasi. Dengan begitu, perekonomian petani bisa ditingkatkan.

“Bismillah, saya yakinkan kepada peserta yang hadir di sini jadi petani itu keren,” pungkasnya.

(Nurman Abdul Rahman)