Jakarta, Aktual.co — Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak seluruh gubernur di Indonesia mendukung keputusan pemerintah pusat menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi. 
Menurut JK, kebijakan itu harus didukung karena pemerintah mengalihkan subsidi dari bidang yang tidak penting menjadi hal lebih penting. 
“Hal yang paling buruk kalau subsidi masih lanjut adalah penyelundupan,” kata Jusuf Kalla, di hadapan 34 gubernur se-Indonesia di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (4/11).
Dirinya mengatakan, subsidi kepada nelayan naik tiga kali lipat karena penyelundupan yang dilakukan oleh nelayan itu sendiri. Banyak nelayan yang menjual solar ke negara atau pihak lain, bukan digunakan untuk berlayar menangkap ikan.
“Jadi, subsidi ke nelayan naik, produksi ikan dalam negeri malah turun. Ketahuan kan nelayan itu beli solar cuma untuk dijual. Jadi negara membayar sesuatu yang tanpa hasil,” kata Wapres.
Karena itu, JK mengajak semua gubernur dengan bijak melihat persolan penghapusan subsidi BBM. Gubernur harus bisa meyakinkan masyarakatnya jika pengalihan subsidi merupakan kebijakan pro rakyat.
“Karena subsidi BBM itu dialihkan ke yang lebih produktif,” kata  JK.

()