Jakarta, Aktual.com – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan tiba di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) pada Selasa (1/11) sore, pukul 15.22 waktu setempat, setelah menempuh penerbangan sekitar 8 jam.

Di Bandara Internasional Abu Dhabi, Wapres Ma’ruf dan Ibu Wury disambut Menteri Energi dan Infrastruktur PEA Suhail Mohamed Far Almazrouei, Duta Besar Indonesia untuk PEA Husin Bagis, dan Atase Pertahanan RI di Riyadh Brigjen TNI Putut Witjaksono.

Tampak pula barisan pasukan kehormatan Pemerintah PEA yang turut menyambut kedatangan Wapres di bawah tangga pesawat.

Di Abu Dhabi, Wapres Ma’ruf Amin dijadwalkan untuk bertemu Presiden PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk membahas sejumlah isu strategis Indonesia-PEA, di Istana Al Shatie Abu Dhabi pada Rabu (2/11).

Selanjutnya, Wapres juga akan bertemu Presiden dan Sekretaris Jenderal Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP), di Hotel Emirates Palace dan memberikan pidato pada Pertemuan Ke-9 ADFP.

Pada Rabu sore, Wapres dan rombongan bertolak ke Dubai untuk melakukan rangkaian aktivitas lainnya.

Pada Kamis (3/11), Wapres dijadwalkan melakukan pertemuan dengan perwakilan Dubai Holding, di Hotel Raffles dan bertemu perwakilan lembaga Publisher Global Islamic Index di lokasi yang sama.

Kemudian pada hari keempat kunjungan, Jumat (4/11/), Wapres diagendakan meninjau Kantor Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Dubai. Kemudian pada sore harinya, Wapres dan rombongan bertolak ke Kairo, Mesir.

Di Kairo, Wapres akan bertemu dengan para mahasiswa dan diaspora Indonesia di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo pada Sabtu (6/11). Wapres Ma’ruf juga akan menyaksikan penyerahan 300 beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada perwakilan mahasiswa Indonesia yang tengah melaksanakan studi di Mesir.

Kemudian Minggu (6/11), Wapres akan mengunjungi Museum Nasional Peradaban Mesir. Usai peninjauan, Wapres dan rombongan dijadwalkan bertolak ke Sharm El Sheikh untuk menghadiri rangkaian KTT Perubahan Iklim COP-27.

Pada hari ketujuh, yaitu Senin (7/11), Wapres Ma’ruf akan menghadiri pembukaan KTT COP 27, di Sharm El Sheikh International Convention Center. Di KTT COP 27 ini, Wapres diagendakan menyampaikan “National Statement” dalam “High Level Segment”.

Keesokan harinya atau hari kedelapan kunjungan, Selasa (8/11), Wapres diagendakan kembali menghadiri High Level Segment hari kedua. Sebelum bertolak kembali ke Jakarta, Wapres menyempatkan diri meninjau Paviliun Indonesia yang ada di Sharm El Sheikh International Convention Center.

(As'ad Syamsul Abidin)