Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) didampingi Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro (kanan), Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali (tengah) selaku konsultan Kementerian BUMN dan jajaran deputi memberikan keterangan pers tentang Laporan 1 Tahun Kementerian BUMN di Jakarta, Senin (26/10). Realisasi proyek BUMN hingga semester I Tahun 2015 tercatat 30 dari 86 proyek strategis BUMN dengan serapan tenaga kerja mencapai 65.928 orang yang melibatkan 25 BUMN. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/ama/15.

Jakarta, Aktual.com – Desakan kuat terhadap Menteri BUMN Rini Soemarno mundur dari jabatannya sudah didengar langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

JK menyampaikan bahwa penyelesaian masalah itu (Rini Soemarno) ada di tangan Presdien Jokowi, karena Presiden yang mempunyai hak prerogatif soal pergantian menteri. (Baca: Waduh… Menteri Rini Jatuh Sakit Saat Hendak Ditanya Reshuffle Dirinya)

“Saya ada juga mendengar itu (desak Rini mundur) tapi tentu pasti tergantung pada presiden sendiri untuk bagaimana baiknya,” kata JK di kantor wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (9/11).

Perlu diketahui, dorongan meminta Presiden Jokowi mengganti Rini Soemarno dari kursi Menteri BUMN sudah muncul sejak dari reshuffle jilid I. Dorongan yang sama muncul kembali di tengah panasnya isu reshuffle jilid II. Pendorongnya masih sama, parpol pengusung utama Jokowi, PDIP.

()