Wapres Ma'ruf Amin menerima kunjungan Grand Syekh Al Azhar Ahmed Al Tayeb di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (10/7/2024). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Jakarta, aktual.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima kunjungan Grand Syekh Al Azhar Mesir, Ahmad Muhammad Ahmed Al Tayeb di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (10/7).

Grand Syekh tiba di Istana Wapres sekitar pukul 13.30 WIB dan disambut langsung oleh Wapres.

Grand Syekh juga menyempatkan untuk mengisi buku tamu yang telah disediakan.

Dalam sambutannya saat pertemuan, Wapres menyampaikan terima kasih atas kehadiran Grand Syekh di Istana Wapres.

“Saya sangat bahagia dengan kehadiran yang mulia, yang kebetulan masih dalam suasana Tahun Baru 1 Muharram 1446 Hijriah,” kata Wapres.

Wapres juga menyampaikan bahwa dia sebelumnya juga telah bertemu dengan Wakil Grand Syekh Al Azhar Mohammed Abdel Rahman Ad-Duweiny.

Adapun, pertemuan juga digelar di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (21/6).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Grand Syekh Al Azhar Ahmed Al Tayeb telah menggelar pertemuan di Istana Merdeka, Selasa (9/7), salah satunya mendiskusikan peluncuran inisiatif global untuk meningkatkan peran para pemimpin dan simbol agama dalam pembangunan dan perdamaian.

“Pertemuan ini membahas upaya meningkatkan kerja sama di bidang penyebaran dan pemajuan nilai-nilai dialog, toleransi, dan hidup berdampingan antar-manusia (koeksistensi),” ujar Grand Syekh dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuan tersebut Grand Syekh Al-Azhar mengapresiasi upaya besar yang dilakukan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dalam menyebarkan dan memajukan nilai-nilai perdamaian dan toleransi.​​​​​​​

Grand Syekh Al Azhar itu juga memuji teladan inspiratif yang diwakili Indonesia dalam keberagaman, pluralisme, pembangunan, dan hidup berdampingan

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain