Warga Cianjur Tak Kesulitan Air Bersih Lagi Setelah Dibantu Sumur Bor Mak Ganjar
Warga Cianjur Tak Kesulitan Air Bersih Lagi Setelah Dibantu Sumur Bor Mak Ganjar

Cianjur, Aktual.com – Sukarelawan Mak Ganjar Jawa Barat menyalurkan bantuan sumur bor untuk warga di Kampung Kajar Kajar, RT 01 RW 05 Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Setidaknya, 60 kepala keluarga (KK) di Desa Kertasari yang semula terisolir dari bantuan pemerintah hingga sangat kesulitan air bersih itu kini telah mendapatkan akses air gratis dari sukarelawan Mak Ganjar.

Hal itu diungkapkan Enok Hidayat selaku Koordinator Daerah Mak Ganjar Kabupaten Cianjur yang mendampingi Pengurus Pusat Mak Ganjar, saat meresmikan bantuan sumur bor bersama-sama warga dan tokoh masyarakat RT 01 RW 05.

“Kegiatan hari ini adalah peresmian dan serah terima (bantuan sumur bor) dari Mak Ganjar karena di sini masyarakat sangat membutuhkan air,” ujar Enok di lokasi pada Kamis (30/11/2023).

Enok mengungkapkan, Desa Kertasari khususnya RT 01 RW 05 sangat kesulitan mendapatkan air pada musim kemarau dikarenakan sumur-sumur warga mengalami kekeringan panjang.

Itu diperparah dengan minimnya bantuan akses air dari pemerintah yang membuat warga kebingungan dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Belum lagi wilayah RT 01 RW 05 yang termasuk salah satu daerah terisolir.

“Banyak emak-emak yang mengangkut air menggunakan jeriken dan ember-ember sampai jam 12 malam,” ungkap Enok.

Dengan adanya bantuan sumur bor sedalam 50 meter dari sukarelawan Mak Ganjar itu, warga setempat pun langsung merasakan manfaatnya secara konkret.

Enok menyebutkan, warga sangat senang dan bahagia atas aksi nyata Mak Ganjar dalam membantu masyarakat. Banyak dari mereka yang memanfaatkan akses air gratis itu untuk keperluan rumah tangga hingga membuka usaha kecil-kecilan.

“Air ini digunakan warga di rumah ada yang usaha kecil-kecilan dan sangat bermanfaat khususnya untuk warga RT 01 RW 05, karena di sini warga kesulitan air bisa dilihat sumur-sumur di sini kering,” ungkap Enok.

“Harapannya ke depan masyarakat tidak kekurangan air dan mereka bisa berkembang untuk usaha kecil-kecilan. Dengan adanya fasilitas air bersih ini memudahkan warga untuk bekerja, mengurus rumah tangga,” lanjutnya.

Warga Kampung Kajar Kajar: Berkat Sumur Bor dari Mak Ganjar, Kami Tidak Berebut Air Bersih Lagi

Lilis, seorang ibu rumah tangga di RT 01 RW 05 menyebutkan bantuan sumur bor dari sukarelawan Mak Ganjar sangat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga.

Dia menuturkan, warga kerap harus saling berebut dalam mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun kini warga lebih tenang dan merasa aman terkait keperluan air bersih setelah dibantu oleh sukarelawan Mak Ganjar.

“Manfaat bantuan sumur bor ini sangat bermanfaat sekali karena di sini itu tidak ada air, untuk ibadah manfaatnya untuk mandi. Jadi manfaatnya untuk warga di sini tidak ada yang berantem lagi karena air,” tutur Lilis.

Lilis menambahkan, sebelum adanya bantuan sumur bor jatah air bersih untuk warga RT 01 RW 05 juga sangat terbatas dan dijatahkan per harinya yang membuat warga kesulitan dalam melakukan kegiatan mandi, cuci dan kakus.

Bahkan, lanjut Lilis, warga terpaksa mengambil air di luar kampung sampai larut malam, hingga meminjam air dari warga di luar kampung.

“Kami di sini sangat berterima kasih karena warga di sini memang kekurangan air ya. Kalau pinjam uang memang mudah tapi kalau meminjam air kan susah. Buat ibadah saja di sini itu memang susah air,” jelas Lilis.

Hal serupa turut dirasakan Ketua RT 01 Fitri. Dia mengaku, warganya sampai harus membeli air minum lantaran tidak ada air yang layak dikonsumsi.

“Air minum itu yang tadinya beli alhamdulillah ada gratis gitu karena pemberian bantuan sumur bor dari Mak Ganjar ini,” kata Fitri.

Dia selaku perwakilan seluruh warga Kajar Kajar RT 01 RW 05 pun menyampaikan beribu terima kasih kepada Mak Ganjar yang merupakan sukarelawan paslon Pilpres 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD itu.

“Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada Mak Ganjar karena di sini sudah menerima pelaksanaan bantuan sumur bor. Alhamdulillah manfaatnya bisa dirasakan semua warga di sini,” ucap Fitri.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arbie Marwan

Tinggalkan Balasan