Sebagian wilayah DKI Jakarta siang ini diguyur hujan lebat yang disertai badai. Akibatnya, sejumlah ruas jalan padat dan terjadi antrean kendaraan. Namun sekitar pukul 13.00 WIB, hujan di sebagian wilayah Ibu Kota mulai mereda.

Jakarta, Aktual.com – Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto menghimbau masyarakat untuk berhati-hati ketika hendak berlibur atau mudik Idul Adha. Pasalnya cuaca dalam satu minggu kedepan ini akan dilanda hujan.

“Berdasarkan informasi BMKG cuaca satu minggu ke depan pagi, sore, malam akan ada hujan,” kata Agung Budi Maryoto, di Lapangan Korlantas, Jakarta Selatan, Kamis (8/9).

“Masyarakat harus hati-hati dalam perjalanan jangan sampai terjadi kecelakaan,” sambung dia.

Selain itu, Agung juga mengingatkan waspada tanah longsor dan banjir di titik-titik rawan. Termasuk jajaran anggotanya di lapangan, juga diingatkan untuk menggunakan jas hujan.

“Sehingga tidak ada alasan, anggota lalu lintas tidak ke lapangan karena hujan,” tegas dia.

Agung menjelaskan, untuk memudahkan adanya koordinasi, maka Korlantas nantinya akan menyiapkan pos khusus bagi masing-masing instansi seperti Kemenhub, Kementerian PUPR, Pertamina dan lainnya.

“Saya perintahkan anggota kalau ada kejadian menonjol segera lapor. Di Kantor Korlantas ada pos terpadu yang diisi perwakilan instansi terkait yang dilengkapi juga dengan CCTV dan alat komunikasi.”

“Misalkan kalau terjadi longsong kan ada dari Kementerian PUPR, bisa segera ditangani. Termasuk kalau ada kelangkaan BBM, Pertamina bisa bantu mobail SPBU,” tandas jenderal bintang dua itu.

(Fadlan Syiam Butho)

()

(Arbie Marwan)