Kotawaringin Timur, Aktual.com — 12 unit rumah warga di Jalan Haji Anang Asran RT 01/RW 01, Desa Bagendang Permai, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Sabtu (27/2) habis dilalap si jago merah.

“Kebakarannya begitu cepat dan api cepat membesar karena rumah warga terbuat dari kayu. Bahkan api menyeberang jalan akibat kuatnya tiupan angin,” kata Camat Mentaya Hilir Utara Titin Srikandi di lokasi kejadian.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Menurut warga, api pertama kali terlihat di atap rumah seorang warga bernama Purnama. Belum diketahui penyebab munculnya api karena masih dalam penyelidikan.

Api dengan cepat membesar dan merembet ke rumah-rumah warga lainnya. Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, dibantu pemadam kecil milik perusahaan di desa itu.
Sementara mobil pemadam tidak mencapai lokasi karena lokasi kebakaran berada di seberang anak sungai yang hanya terhubung jembatan gantung.

Kebakaran di desa yang bisa dijangkau sekitar 45 menit perjalanan dari pusat Kota Sampit ini menghanguskan rumah milik Purnama, Kahpi, Samsul, Sunarko, Jainal Abidin, Rabiatul Adawiyah, Usman, Samsuri, Solikin, Hj Maspura, Riat Gunawan dan Yansyah.

Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta karena umumnya korban tidak sempat menyelamatkan harta benda mereka.

(Wisnu)