Manggar, Babel, Aktual.com – Sebanyak 18 desa di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di tengah pandemik COVID-19.

“Pilkades memang sudah dijadwalkan sebelumnya, pelaksanaan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19,” kata Ketua Pelaksana Pilkades 2020, Ikhwan Fahrozi di Manggar, Minggu(19/7).

Ia menjelaskan, pelaksanaan Pilkades 2020 di 18 desa sudah selesai diselenggarakan dan berjalan lancar aman dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Semua panitia pelaksana, termasuk di TPS sudah mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan,” ujarnya.

Ia mengatakan, Pilkades di 18 desa ini juga menjadi gambaran Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

“Ini juga sebagai gambaran situasi dan kondisi Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan di tengah pandemik COVID-19,” ujarnya.

Ia mengatakan, berdasarkan catatan partisipasi pemilih mencapai di atas angka 75 persen dan itu menunjukkan antusiasme warga dalam menggunakan hak pilih.

“Kendati di tengah pandemik, namun warga tetap antusias menggunakan hak pilih dan semuanya sudah mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.(Antara)

(Warto'i)