Jakarta, Aktual.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta menyebutkan terdapat 19 titik genangan setelah hujan deras mengguyur Jakarta pada Selasa siang.

“Beberapa genangan itu kami pastikan segera surut,” janji Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa (18/1).

Adapun ketinggian air diperkirakan berkisar hingga 40 hingga 50 sentimeter di sejumlah kawasan di Ibu Kota.

Tim Reaksi Cepat BPBD DKI Jakarta menangani genangan tersebut bersama tim kelurahan bersama PPSU, tim dari Dinas Sumber Daya Air, Satpol PP, Tagana dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan.

Adapun 19 titik genangan tersebut tersebar di Jakarta Timur ada tiga titik, Jakarta Barat (12), Jakarta Utara (3) dan Jakarta Pusat (1).

Ia pun meminta warga untuk ikut berpartisipasi dan siap siaga karena sesuai prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) puncak musim hujan akan terjadi pada periode Januari-Februari 2022.

Mengantisipasi itu pihaknya telah melakukan persiapan mulai peralatan, personel hingga kebutuhan logistik untuk pengungsian apabila terjadi banjir.

“Kami sudah menyiapkan peralatan semuanya sampai tempat pengungsian, logistik sudah siap, tenaga juga. Namun demikian kami minta dukungan partisipasi seluruh warga harus hati-hati memang ada genangan di berbagai tempat,” ucapnya.

Sementara itu, Polda Metro Jaya melalui akun Twitternya @TMCPoldaMetro melaporkan sejumlah titik tergenang di Jakarta di antaranya di Jalan Letjen Suprapto Cempaka Putih mengarah Simpang Lima Senen dengan ketinggian air diperkirakan 40-50 sentimeter.

Akibatnya lalu lintas terpantau padat dikarenakan terdapat genangan air dan meminta pengendara untuk berhati-hati dan mencari jalan alternatif.

(Andy Abdul Hamid)