Jakarta, Aktual.com — Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan dikabarkan menjadi salah satu kandidat menteri kabinet kerja menyusul kabar Reshuffle kabinet tahap kedua.

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Taufik sudah diseting untuk masuk dalam kabinet kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dan tidak akan lagi menjadi pimpinan DPR.

“Tukar guling jabatan sudah deal dan disiapkan untuk replace posisi Taufik yaitu menteri,” ujar Pangi di Jakarta, Rabu (30/12)

Menyinggung soal formasi pimpinan DPR kedepan, Pangi menyebut Koalisi Indonesia Hebat (KIH) akan turun gunung memakai jurus mabuk dengan memulai kisruh dan polemik jilid baru di parlemen.

“Revisi Undang-undang (UU) MD3 jadi pintu masuk kocok ulang pimpinan DPR. Perebutan kursi pimpinan DPR memantik sinyal keributan di DPR,” cetusnya.

Menurut Kepala Bagian Riset Politik dari IndoStrategi itu, perebutan kursi pimpinan DPR adalah degalan politik yang tak elok ditampilkan ke ruang publik.

Pasalnya, kasus pencatutan nama yang sebelumnya membuat Setya Novanto mengundurkan diri sebagai Ketua DPR ternyata hanya dimanfaatkan partai lain untuk menempati kursi pimpinan DPR.

“Ini jelas memalukan. Kasus papa minta saham hanya pintu masuk perebutan kursi pimpinan DPR.”

Artikel ini ditulis oleh: