Jakarta, Aktual.com — Pengamat politik Gun Gun Heryanto mengatakan, hasil evaluasi akuntabilitas kementerian dan lembaga yang disampaikan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) seharusnya diterima oleh semua pihak. Khususnya, kementerian/lembaga dan partai politik yang kadernya di kementerian mendapatkan rapor kurang baik.

Apalagi, publik juga berhak mendapatkan informasi mengenai akuntabilitas kinerja Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla. Apa dan bagaimana kinerja Kabinet Kerja dalam setahun terakhir.

“Pada dasarnya kan khalayak mengetahui tindakan nyata mereka,” terang Gun Gun dalam diskusi publik ‘Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Kementerian, di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, Rabu (13/1).

Menurut Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute itu, hasil evaluasi yang dilakukan KemePAN-RB menuai kontroversi dikalangan petinggi-petinggi partai politik karena dua alasan. Pertama, hasil evaluasi akuntabilitas kementerian dan lembaga tidak utuh dibaca oleh parpol.

“Kedua, ada eskalasi reshuffle yang kuat sehingga muncul kesan like or dislike. Padahal yang perlu dibaca adalah substansinya,” ucapnya.

Evaluasi akuntabilitas kementerian/lembaga sendiri diketahui dilakukan Kemenpan-RB pimpinan Yuddy Chrisnandi. Yakni dengan berpijak pada Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014. Secara teknis evaluasi sudah dilakukan sejak tahun 2004 silam.

Artikel ini ditulis oleh: