Jakarta, Aktual.com — Pada tanggal 8 Febuari 2016 mendatang masyarakat khususnya etnis Tionghoa serentak merayakan Tahun Baru Imlek yang diyakini sebagai tahun ‘Monyet Api. Nuansa merah pun seringkali menghiasi berbagai kota untuk menandakan bahwa itu adalah Hari Imlek.

Biasanya selamat Imlek dikatakan dengan ucapan ‘Gong Xi Fa Chai’ namun dalam bahasa Mandarin, orang biasanya menyebutkan ‘Xin Nian Kuai Le’ atau ‘San Nin Faai Lok’ dalam bahasa Katon.

Tak hanya di negara Tiongkok dan Indonesia, Di berbagai negara pun beberapa perayaan Imlek juga semarak dimeriahkan. Seperti halnya dilansir dari laman Express.co.uk , bahwa di seluruh kota di Inggris pun merayakan Imlek dengan konsep yang berbeda-beda.

Seperti di kota Manchester, Inggris Raya, perayaan Imlek dimulai awal  04 Febuari hingga 07 Februari. Selama itu, warga Tionghoa di Manchester mempromosikan berbagai even yang akan dipertunjukan seperti di St Ann Square di pusat kota memiliki panggung musik dari pukul 12.00 siang hingga pukul 17.00 waktu setempat dengan alunan musik lokal Tiongkok termasuk Ling Ling dan Henry Fung, menampilkan instrumen tradisional dan kontemporer.

Selanjutnya, pertunjukan lentera spektakuler, dengan dinding yang indah di Gereja St Ann yang dibawa ke kehidupan dengan pertunjukan cahaya yang bercerita tentang Tahun Baru Tiongkok tersebut.

Tak hanya itu, ada juga festival makan besar di ‘geroba’ makanan. Semua hidangan favorit Anda ada di sana. Kota ini akan dihiasi lentera dan atribut Tiongkok. Tak ketinggalan parade Naga Emas raksasa dan pesta kembang api ketika hari Minggu (07/02).

Kota London merayakan pada tanggal 13 dan 14 Februari
Di pusat kota London pada tanggal 14 Februari, perayaan Tahun Baru Imlek tahunan di kota ini adalah yang terbesar di dunia di luar Tiongkok. Permulaan untuk parade di sepanjang ‘Charing Cross Road’ dan ‘Shaftesbury Avenue’ di kilometer 10, dengan Naga dan Barongsai di atas panggung di alun-alun dari siang sampai pukul 01.00 dini hari waktu setempat.

Anda bisa menikmati tarian Singa di seluruh Chinatown sampai sekitar pukul 5 pagi dan segala macam warung makanan dan kerajinan yang ‘menjajah’ jalanan.
Pada tanggal 14 Februari di Trafalgar Square, hiburan tambahan akan mencakup tari dan musik.  Ada juga sebuah ‘Greatway’ untuk merayakan Hari Valentine dan, jika Anda masih single, siapa tahu Anda akan menemukan pasangan di keramaian tersebut.

Newcastle pada Minggu, 14 Februari
Di sekitar ‘Stowell Street’ dan Chinatown mulai pukul 11:00-04:00 waktu setempat, mengadakan perayaan Tahun Baru Tiongkok 2016 untuk merayakan ‘Tahun Monyet’.

Anda dapat menonton Naga yang spektakuler, singa dan tarian unicorn di bawah hiasan Ceremonial Arch. Selain itu,  Anda dapat mencicipi makanan Oriental lezat, menyaksikan pertunjukan tradisional yang menakjubkan dan bergabung dalam kegembiraan peristiwa kegembiraan tersebut.

Kota Liverpool
Terkesan dengan lengkungan Tiongkok terbesar di luar Tiongkok. Berdiri 15 meter, di Nelson Street, lengkungan itu dikirim dari Shanghai di Tiongkok, sepotong demi sepotong. Liverpool sendiri ‘membanggakan’ masyarakat Tiongkok tertua di Inggris sebagai pemukim Cina pertama mendarat di kota pada tahun 1834 di sebuah kapal dengan membawa sutra dan kapas ke kota.

Lengkungan itu sendiri dilindungi oleh dua singa perunggu, dan struktur yang kompleks memiliki lima atap. Lihat jika Anda bisa melihat 200 Naga dimasukkan dalam desain.

Kota Leeds
Temukan segala sesuatu dari ‘theatre’ pertunjukan tari, musik, kaligrafi Tiongkok, kung fu dan tai chi.  Ditambah sajian makanan Tiongkok, kerajinan, kecantikan dan lukisan wajah di sebuah acara khusus di Balai Kota Leeds.

Acara meriah ini diselenggarakan oleh Asosiasi warga Tiongkok lokal, di mana festival satu hari tersebut bertujuan untuk merayakan rasa bahagia kaum Tionghoa.

Tiket dijual mulai pukul 10:30 waktu setempat, pada hari tersebut dari Balai Kota Leeds dan lokakarya mulai pukul 11:00 waktu setempat. Tiket seharga lima euro untuk orang dewasa. Tiga euro diperuntukkan untuk usia di bawah 16 tahun, di mana siswa harus menunjukkan kartu mahasiswa, dan dewasa lebih 60-an serta orang-orang cacat.

Kota Bristol
Di kota Bristol, menampilkan pertunjukan tari dalam menyambut Tahun Baru Tiongkok pada 6 Februari di berbagai supermarket besar Tiongkok, Bristol.
Kota Wai Yee Hong.

Kota ini akan menjadi tuan rumah perayaan Imlek tahunan mereka.  Pada pukul  11.30 waktu setempat, guna menyambut ‘Tahun Monyet’. Anda harus melihat keluar untuk menyaksikan festival petasan tradisional Tiongkok dan tari rombongan singa Yi Quin untuk menunjukkan keterampilan kung fu mereka yang luar biasa. Dan, tak ketinggalan tarian singa yang energik.

Birmingham
Nikmati pasar makanan jalanan dan musik tradisional Tiongkok, penari singa, akrobat dan seniman bela diri yang akan tampil di panggung utama di Birmingham Southside, mulai pukul 12.30-17.00 sore waktu setempat di The Arcadian dan jalan-jalan sekitarnya.

Artikel ini ditulis oleh: