Jakarta, Aktual.com — Ketua DPP PAN, Teguh Juwarno menyayangkan sikap lunak pemerintah kepada PT Freeport dengan dikeluarkannya surat izin perpanjangan eksport konsentrat pada 9 Febuari 2016 kemarin.

Menurut dia, dengan peristiwa kegaduhan yang ditimbulkan perusahaan asal Amerika Serikat itu seharusnya pemerintah tidak serta merta memberikan izin dengan tak mengindahkan ketentuan undang-undang Minerba.

“Dengan seperti ini maka kemudian menunjukan bahwa kita tidak memiliki wibawa dan posisi tawar yang cukup bahwa mau Freeport, Newmont, Exon, siapapun ketika berusaha di negeri ini harus tunduk kepada Undang-Undang di negeri ini,” ucap Teguh, di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (11/2).

Menurut dia, meski PAN kini sudah menjadi partai pendukung pemerintah, bukan berarti mendukung kebijakan yang bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami dari PAN sebagai pendukung pemerintah, kami ingin memberikan dukugan moril agar pemerintah memiliki ketegasan, jangan kemudian pada akhirnya sikap kita ini dimanfaatkan terus oleh mereka (Freeport),” sebut dia.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang