Jakarta, Aktual.com — Kepala Bareskrim Komjen Budi Waseso mengisyaratkan bahwa tersangka dalam peristiwa kekerasan di Tolikara, Papua bukan pada level pejabat pemerintah setempat. Melainkan adalah mereka yang terlibat langsung dalam insiden yang terjadi pada hari raya Idul Fitri, Jumat (17/7) lalu.

“Kesimpulan sementara dari hasil pemeriksaan penyidik, adalah mereka yang ikut bertanggung jawab kejadian. Artinya para pelaku yang bertanggung jawab dalam masalah itu akan ditindaklanjuti. Enggak lah, pejabat enggak,” ujar Budi Waseso di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (23/7).

Meski demikian, polisi hingga kini belum menetapkan tersangka. Menurut pria yang akrab disapa Buwas ini, mereka yang berpotensi dijadikan tersangka akan menjalani pemeriksaan terlebih dahulu di Polda Papua.

“Belum (tersangka), semua yang patut diduga kita bawa dulu diperiksanya di polda nanti,” kata Buwas.

Bekas Kapolda Gorontalo ini memastikan kondisi di Tolikara telah kembali kondusif dan diharapkan tidak kembali muncul adanya sentimen negatif.

“Sudah ada perdamaian di Tolikara semuanya berbuat termasuk Mendagri bahkan Bupati sendiri sedang ambil langkah-langkah. Kita berharap tidak ada lagi suara-suara negatif ya. Jangan sampai nanti timbul permasalahan yang bukan terjadi yang sebenarnya,” jelas Buwas.

Artikel ini ditulis oleh:

Nebby