Beijing, Aktual.com – Presiden Tiongkok Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat. Kunjungan itu akan dilakukan pada tanggal 25 September 2015 mendatang.

Xin Ji Ping akan bertemu Obama di Gedung putih, namun Xi Jinping juga mempunyai beberapa agenda lain yang akan dilakukan selama kunjungannya ke Amerika Serikat,

Beriku agendanya Xin Ji Ping, seperti yang dilansir Shanghaiist, Sabtu (19/9) ;

1. 22 September, Xi Jinping akan tiba di Seattle dan menghadiri jamuan makan malam di hotel Westin di pusat kota Seattle. Disana direncanakan, ia akan memberikan pidato mengenai kebijakan luar dan dalam negeri China, yang akan dihadiri beberapa pejabat termasuk Menteri Luar Negeri AS, Henry Kissinger

2. 21 September, Xi Jinping akan menghadiri pertemuan meja bundar yang diadakan oleh Institut Paulson, yang akan dihadiri 15 CEO AS dan 15 CEO China. Setelah itu Xi ajak mengunjungi markas Boeing dan pabrik Everett. Dan pada sore hari, ia akan menghadiri makan malam bersama Bill Gates, di kediaman pribadi Bill Gates.

3. 24 September, Xi akan bertemu dengan anggota komunitas keturunan China di wilayah pantai Barat di sebuah pertemuan pribadi. Lalu dia akan mengunjungi SMA Lincoln di Tacoma bersama istrinya Peng Liyuan. Kota Tacoma di AS adalah bagian dari program sister city kota Fuzhou, pusat dari provinsi Fujian, yang dimana Xi pada awal karirnya tinggal disana. Setelah itu Xi akan langsung menuju Washington DC.

4. 25 September, Obama akan bertemu dengan Xi Jinping di Gedung Putih AS. Konferensi pers keduanya akan diadakan di Rose Garden.

5. 26 September, Xi akan mengunjung New York.

6. 28 Septemper, Xi akan menghadiri Sidang Umum PBB yang ke 70 dan memberikan pidato perdananya.

Artikel ini ditulis oleh: