Jakarta, Aktual.com — Anggota Komisi III DPR RI, Wenny Warouw kecewa dengan kinerja Jaksa Agung HM Prasetyo yang tidak memiliki gebrakan positif di lembaga Satya Adhi Wicaksana.

Menurutnya, kejaksaan acap kali mengalami kekalahan dalam proses persidangan praperadilan, baik yang ditangani Kejaksaan Agung maupun kejaksaan di daerah, dalam penanganan suatu kasus. Diantaranya, kekalahan sebanyak tiga kali dalm penetapan tersangka La Nyalla Mattalitti.

“Pada kasus-kasus besar yang ditangani kejaksaan juga sampai saat ini tidak ada selesai, semua ngambang. 4 kali duduk di komisi III DPR hanya mengatakan masih dalam proses, tidak ada endingnya,” kata Wenny, di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (26/5).

“Sehingga dia (Jaksa Agung) sebenarnya tidak ada membuat gebrakan-gebrakan luar biasa dalam kinerjanya, kenapa belum diganti? Padahal (kejaksaan) perlu ada gebrakan positif,” tambah dia.

Dikatakan Wenny, dirinya sudah lama meminta kepada Jaksa Agung HM Prasetyo terkait sistem pengawasan Kejaksaan Agung terhadap kinerja para jaksa.

“Kalau di kepolisian itu ada bukunya sistem pengawasan terhadap kepolisian negara RI kalau dia mau melakukan pekerjaan, dan kode etiknya pun terbukukan. Aku mau minta ke Kejaksaan Agung bagaimana sistem pengawasan terhadap jaksa itu dalam bekerja,” tandas Brigadir Jenderal Polisi Purnawirawan itu.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang