Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, bersama Wakil Ketua MPR Mahyudin dan EE Mangindaan, bertemu dengan 340 peserta Lomba Cerdas Cermat MPR RI tingkat SLTA se-Indonesia di Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (10/8/2015). Menurut Oesman Sapta, lomba Cerdas Cermat Empat Pilar (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR RI) sangat penting dalam rangka menumbuh suburkan nasionalisme di kalangan generasi muda.

Pontianak, Aktual.com — Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta (Oso) mengapresiasi respon kepolisian dengan langsung menjalankan tugas Presiden Joko Wododo (Jokowi) dalam mengendalikan harga bahan pokok selama bulan suci ramadan hingga lebaran nanti, terutama pada harga daging sapi.

Menurut Oso, langkah Bareskrim dengan membentuk satuan tugas (Satgas) pengendalian harga bahan pokok dan makanan Bareskrim Polri dinilai sudah tepat.

“Bareskrim sudah membuat Satgas perlindungan pangan, itu sudah tepat, dan harus kita dukung,” kata Oso, di sela-sela kegiatannya, di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (14/6).

Senator asal daerah pemilihan (Dapil) Kalimantan Barat itu pun berharap agar Satgas sejalan dengan pemerintah dalam mencari kebenaran atas persoalan tingginya harga daging sapi saat ini. Terlebih, dalam menghadapi kartel-kartel daging yang merusak stabilitas harga.

“Jadi kartel-kartel ini harus dihabisi, Satgas ini dibentuk sesuai instruksi presiden untuk mengatasi permasalahan ini,” sebut dia.

Sementara itu, Satgas Pengendalian Harga Bahan dan Makanan Bareskrim Polri sudah diinstruksikan agar satgas yang ada di wilayah untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah (Pemda), provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat kelurahan.

Tujuannya, dalam mengoptimalkan Babinkamtibmas agar dapat memantau indikasi pada kelangkaan Sembako di masing-masing daerah.

“Babinkamtibmas kita minta berkordinasi dan turun ke lapangan bersama lurah maupun kepala desa untuk memantau situasi pasar,” sebut Direktur Tipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya, di Jakarta.

“Apabila ditemukan adanya penimbunan (sembako) maupun spekulan agar dilaporkan ke Satgas monitoring terdekat,” tambah dia.

Artikel ini ditulis oleh:

Novrizal Sikumbang