Beranda Eksklusif Advertorial Cara Jual Beli Obligasi Online di Aplikasi Investasi Terbaik

Cara Jual Beli Obligasi Online di Aplikasi Investasi Terbaik

Sekarang investasi obligasi bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi investasi terbaik. Kamu bisa membeli produk obligasi di aplikasi tabungan online dari digibank by DBS.
Sekarang investasi obligasi bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi investasi terbaik. Kamu bisa membeli produk obligasi di aplikasi tabungan online dari digibank by DBS.

Jakarta, Aktual.com – Berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat, sekarang semua hal bisa dilakukan dengan mudah secara digital. Mulai dari tren belanja online hingga investasi pun dapat dilakukan secara online.

Sekarang ada banyak platform aplikasi investasi terbaik yang bermunculan, sehingga mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan investasi. Kini tidak hanya investasi e-emas, Reksadana, dan saham saja yang bisa dilakukan secara online.

Obligasi menjadi salah satu instrumen investasi yang mulai mengikuti perkembangan zaman, berkat teknologi sekarang kamu bisa melakukan investasi obligasi secara online dengan mudah dan praktis.

Mengenal Instrumen Obligasi Lebih Jauh

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan jual beli di aplikasi investasi terbaik. Sebaiknya kamu memahami apa itu instrumen obligasi sebetulnya. Menurut definisinya, obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dan perusahaan swasta.

Surat utang merupakan sebuah bentuk pinjaman uang atau pendanaan yang diterbitkan oleh suatu instansi pemerintah dan perusahaan untuk membiayai proyek atau kegiatan yang akan mereka lakukan. Investor yang memberikan pinjaman akan mendapatkan kupon setiap periode waktu tertentu.

Kupon merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut imbal hasil yang diberikan, besaran jumlah kupon berbeda-beda tergantung dengan penawaran dan kesepakatan yang dibuat di awal. Biasanya obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan akan memberikan kupon setiap 3 bulan sekali.

Hal dasar yang melatar belakangi sebuah perusahaan menerbitkan obligasi adalah mencari sumber pendanaan untuk anggaran operasional perusahaan, anggaran pengerjaan suatu proyek, dan lainnya.

Sementara pada jenis obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah, kupon akan diberikan setiap 6 bulan sekali. Dana yang terhimpun di obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah akan digunakan untuk membiayai sebagian defisit anggaran belanja pada APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Perlu kamu tahu, obligasi juga diperjualbelikan di pasar modal seperti saham. Tapi bedanya obligasi bisa dibeli ketika pemerintah membuka pembelian di pasar sekunder. Membeli obligasi melalui aplikasi investasi atau agen termasuk dalam mekanisme pembelian yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Cara Jual Beli Obligasi Melalui Aplikasi Investasi Terbaik

Jual beli obligasi menjadi kegiatan investasi yang sudah lama dilakukan oleh banyak investor. Dulu tidak semua orang memiliki akses untuk melakukan investasi di obligasi. Sehingga hanya kalangan tertentu saja yang dapat melakukannya.

Berkat kemajuan teknologi, sekarang siapa saja bisa melakukan jual beli obligasi dengan mudah di aplikasi investasi terbaik yang terpercaya. Dalam memilih platform investasi online terbaik kamu perlu memilihnya dengan hati-hati.

Pasalnya tidak semua platform aman dan terjamin legalitasnya, jika kamu salah memilih platform investasi. Risiko ditipu dan kehilangan semua uang akan semakin besar, jadi sebaiknya kamu lebih berhati-hati. Berikut ini langkah-langkah melakukan investasi obligasi secara online.

1. Pilih Platform Investasi yang Tepat dan Terpercaya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu memilih platform investasi yang tepat. Jika sebelumnya kamu belum pernah melakukan jual beli obligasi sebaiknya pilihlah platform yang sudah terjamin legalitasnya. Contohnya melakukan pembelian di pasar sekunder melalui bursa atau perbankan.

Saat ada beberapa aplikasi tabungan online yang memberikan layanan pembelian obligasi secara online, salah satunya adalah digibank by DBS. Membeli obligasi melalui perbankan lebih aman karena legalitasnya sudah jelas. Jika kamu membeli obligasi di perusahaan sekuritas, pastikan perusahaan tersebut sudah memiliki legalitas yang terjamin.

2. Pahami Produk Obligasi Secara Cermat

Langkah selanjutnya sebelum kamu membeli obligasi pastikan memahaminya secara mendalam. Jangan hanya memahami pengertiannya saja tapi pahami juga jenis-jenisnya secara mendetail. Tidak hanya itu, potensi keuntungan dan risikonya juga perlu kamu pelajari supaya tahu apa saja konsekuensinya saat berinvestasi di sana.

Pastikan sebelum memutuskan membeli suatu produk obligasi di aplikasi investasi terbaik pastikan kamu sudah mempelajari produk tersebut melalui prospektus, hasil riset perusahaan sekuritas, dan informasi di forum-forum online.

3. Melakukan Analisis Terlebih Dulu

Setelah kamu memahami produk obligasi, selanjutnya kamu perlu melakukan analisis yang mendalam. Mulai dari jenis obligasi yang akan dipilih hingga seperti apa stabilitas pendapatan dari produk obligasi tersebut.

Selain itu kamu juga bisa menganalisis kupon yang ditawarkan, jangka waktu tempo, dan rating dari obligasi tersebut. Jangan lupa juga untuk mengecek latar belakang dari perusahaan penerbitnya untuk menghidupkan risiko gagal bayar.

4. Mempersiapkan Dana Investasi

Langkah selanjutnya kamu perlu mempersiapkan dana yang akan diinvestasikan. Perlu kamu ketahui ketika terlambat membayar produk obligasi yang akan dibeli kamu akan dikenakan penalti.

Oleh sebab itu penting sekali mempersiapkan dana terlebih dulu sebelum membuat transaksi pembelian obligasi di aplikasi investasi terbaik atau perusahaan sekuritas penyedia produk obligasi. Jadi ketika hendak memudahkan dana dari instrumen investasi yang lain, sebaiknya cairkan dana tersebut dari jauh-jauh hari agar kamu tidak terkena penalti.

5. Melakukan Pembelian Obligasi

Biasanya kamu akan diminta untuk melakukan registrasi sebelum membeli produk obligasi oleh pihak platform investasi. Setelah kamu melakukan registrasi barulah bisa melakukan transaksi pembelian.

Sebelum kamu melakukan tahap ini, pastikan sudah memperhatikan langkah-langkah sebelumnya. Supaya kamu tahu apa saja konsekuensi dan jenis obligasi yang paling tepat dipilih.

Supaya kamu lebih mudah dalam melakukan pembelian obligasi, sebaiknya pilih platform investasi dari perbankan. Saat ada beberapa digital banking yang menyediakan layanan pembelian obligasi. Membeli obligasi di aplikasi tabungan online terbilang lebih praktis dan mudah.

Mengenal Jenis-jenis Obligasi

Dalam menentukan produk obligasi yang tepat kamu perlu memahami jenis-jenis obligasi secara mendalam. Pada dasarnya obligasi terdiri dari beberapa jenis. Supaya kamu lebih paham tentang jenis-jenis obligasi berikut penjelasan selengkapnya.

1. Jenis Obligasi Berdasarkan Penerbitnya

Sebelum membeli obligasi di aplikasi investasi terbaik kamu harus tahu jenis-jenis obligasi berdasarkan pihak penerbitnya. Sebetulnya setiap perusahaan sebenarnya bisa menerbitkan obligasi, namun ada regulasi yang harus diikuti untuk melakukannya. Regulasi tersebut bertujuan untuk melindungi investor sebagai penyedia dana. Berikut ini beberapa jenis obligasi berdasarkan penerbitnya:

  • Obligasi Pemerintah (Government Bonds)

Obligasi pemerintah merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah, surat utang tersebut sah secara hukum karena dilindungi oleh berbagai peraturan yang di antaranya Undang-undang, PMK (peraturan pemerintah, peraturan menteri keuangan), dan peraturan lainnya.

Di dalam obligasi pemerintah terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  1. ORI (Obligasi Ritel Indonesia)
  2. Sukri (Sukuk Ritel)
  3. SBR (Saving Bond Ritel)
  4. ST (Sukuk Negara Tabungan)

Jenis obligasi pemerintah dengan awalan nama ‘sukuk’ merupakan jenis surat utang yang dikelola berdasarkan syariat Islam.

  • Obligasi Korporasi (Corporate Bonds)

Obligasi korporasi merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan, baik perusahaan swasta maupun perusahaan milik negara (BUMN). Biasanya jenis obligasi korporasi memiliki masa jatuh tempo cenderung singkat, minimal selama 1 tahun.

  • Obligasi Pemerintah Daerah (Municipal Bonds)

Obligasi satu ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk membiayai pembangunan di wilayahnya. Tujuannya supaya pemerintah daerah lebih mandiri dalam menjalankan pembangunan dan pengembangan wilayahnya.

2. Jenis Obligasi Berdasarkan Pembayaran Bunga

Berikut ini beberapa jenis obligasi yang dikategorikan berdasarkan pembayaran bunganya:

  • Obligasi Tanpa Bunga (Zero Coupon Bonds)

Jenis obligasi tanpa bunga tidak memberikan kupon kepada investornya, jadi keuntungan yang didapatkan diperoleh dari selisih harga jual diskonto dan nilai saat diperdagangkan.

  • Obligasi Kupon Mengambang (Floating Coupon Bond)

Jenis obligasi kupon mengambang merupakan jenis surat utang yang menawarkan nilai kupon yang berubah-ubah mengikuti indeks pasar uang, tapi ada batas minimalnya. Batas minimal kupon ditetapkan berdasarkan kupon pertama yang akan berlaku hingga jatuh tempo.

Kelebihan Investasi Obligasi yang Perlu Kamu Tahu

Setelah mengenal beberapa jenis obligasi berdasarkan penerbit dan sistem pembayaran bunga. Kini saatnya membahas kelebihan melakukan investasi di obligasi melalui platform investasi terbaik.

Sekarang kamu bisa membeli produk obligasi dengan mudah melalui digital banking. Kamu bisa melakukan investasi dengan mudah dan aman di aplikasi tabungan online. Salah satu digital banking yang menyediakan layanan pembelian obligasi adalah digibank by DBS. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan menjadi nasabahnya terlebih dulu.

Supaya kamu lebih termotivasi lagi untuk melakukan investasi, khususnya di instrumen obligasi. Sebaiknya kamu mengetahui kelebihan obligasi sebagai instrumen investasi yang rendah risiko.

1. Instrumen Investasi yang Tergolong Aman dan Rendah Risiko

Obligasi termasuk investasi yang rendah risiko dan cukup aman dipilih, terutama bagi investor yang baru menjajaki dunia investasi. Obligasi termasuk jenis instrumen yang tingkat keamanannya lebih terjamin. Alasannya karena obligasi atau surat utang telah dijamin oleh Undang-undang Nomor 24 tahun 2002.

Tingkat keamanan dan risikonya akan semakin kecil jika kamu memiliki jenis obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Kelebihan ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik menempatkan dananya di instrumen obligasi.

2. Imbal Hasil yang Bersifat Tetap

Jika kamu memilih jenis obligasi yang menawarkan nilai kupon yang bersifat tetap. Kamu akan mendapatkan keuntungan secara rutin dengan nilai yang tetap tanpa terpengaruh dengan inflasi dan kondisi ekonomi.

Sehingga keuntungan yang kamu dapatkan juga lebih terjamin apalagi jika perusahaan penerbitan memiliki rating layak investasi. Tentunya risiko terjadinya gagal bayar akan semakin kecil kemungkinannya.

3. Nilai Return yang Lebih Tinggi

Nilai kupon yang ditawarkan di produk obligasi cenderung lebih tinggi dari deposito bank. Sehingga banyak investor yang mengalihkan dananya ke obligasi untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi.

4. Mendapatkan Keuntungan dari Sumber Lain

Kamu tidak hanya mendapatkan imbal hasil dari kupon, tapi juga dari selisih harga obligasi. Jadi ketika harganya naik maka kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harganya. Tidak hanya itu membeli obligasi juga mudah dilakukan dan bisa dijangkau oleh siapa saja. Melalui aplikasi investasi terbaik siapapun dan dimanapun kamu berada bisa membeli obligasi dengan mudah.

Investasi Obligasi dengan Mudah dan Aman Melalui digibank by DBS

digibank by DBS bukan hanya sebagai digital banking biasa tapi juga memberikan layanan yang mempermudah segala urusan finansialmu. Berikut jenis investasi yang bisa dilakukan dengan mudah di Aplikasi digibank by DBS:

  • Reksadana
  • Obligasi
  • Deposito Valas (Mata Uang Asing)

Keunggulan utama yang ditawarkan digibank by DBS kepada para nasabah di antaranya adalah:

  • Pembukaan rekening tanpa perlu ke bank, jadi kamu tidak perlu lagi menunggu antrian dan mengisi formulir berlembar-lembar.
  • Proses verifikasinya cukup menggunakan e-KTP dan sidik jari atau scan wajah melalui kamera depan smartphone, selain itu kamu juga bisa pilih agent agar bisa didatangi kapanpun untuk open acc.
  • Kamu juga akan mendapatkan gratis biaya transfer ke mana saja dan melakukan tarik tunai di semua ATM hanya dengan minimal saldo rata-rata 1 juta rupiah per bulan.

digibank by DBS menjadi digital banking sekaligus aplikasi investasi terbaik yang membantumu dalam melakukan berbagai investasi. Tunggu apalagi segera buka rekening tabungan dengan mudah dan praktis di Aplikasi digibank by DBS.

Artikel ini ditulis oleh:

Advertorial