Jakarta, Aktual.com – Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menduga, telah terjadi pengalihan isu terkait kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Indonesia.

Dia pun menduga, video panas mirip Gisel bersurasi 19 detik viral di media sosial sebagai bentuk pengalihan isunya yang beredar pada akhir pekan kemarin. Meskipun Gisel sudah membantah, tapi masih juga bikin penasaran.

“Bisa saja itu terjadi. Pengalihan isu itu hal yang biasa dilakukan oleh kelompok, institusi, atau individu,” kata Ujang, Selasa (10/11).

“Dulu juga pernah ada video artis yang booming dan itu dilakukan untuk pengalihan isu tertentu. Jika pun itu bagian dari strategi pengalihan isu. Maka sesungguhnya gagal. Karena para pendukung HRS sangat mencintai pemimpinnya. Sehingga hari ini kedatangannya ditunggu-tunggu,” tambahnya.

Diketahui, Habib Rizieq dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada 10 November 2020 pukul 09.00 WIB melalui Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta setelah tiga tahun berada di Arab Saudi.

Rizieq pergi ke Saudi pada 2017. Saat itu, polisi menyelidiki kasusnya, atas tuduhan pesan pornografi. Polisi saat ini telah menerbitkan penghentian penyidikan perkara (SP3) atas kasus itu.

Belakangan, Rizieq menyatakan dirinya dicekal oleh pemerintah Arab Saudi atas permintaan pemerintah Indonesia sehingga tak bisa kembali.(RRI)

(Warto'i)