Jakarta, aktual.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat kunjungan Walikota Rotterdam, Belanda, Ahmed Aboutaleb di Balai Kota Jakarta untuk membahas berbagai tantangan kedua kota ini setelah pandemi sekaligus menjajaki peningkatan kolaborasi, Senin (29/8).

“Pagi ini saya mendapatkan kehormatan untuk menerima walikota Rotterdam bapak Ahmed Aboutaleb, yang juga sebagai delegasi dalam kegiatan Urban 20 (U20) bagian dari kegiatan G20. Kami berdiskusi banyak hal yang menyangkut tantangan hari ini dan ke depan pasca pandemi sekaligus meningkatkan kolaborasi,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin.

Hal-hal utama yang dibahas, lanjut Anies terkait dengan tata kota, pengelolaan air dan perkembangan kota mengingat keadaan geografis Rotterdam hampir serupa dengan Jakarta.

“Rotterdam adalah sebuah kota yang memiliki tantangan yang sama dengan kita, kota di tepi pantai dengan permasalahan permukaan air laut yang juga mirip dengan yang dialami Jakarta,” ucapnya.

Anies juga menceritakan bahwa dengan kerja sama yang sudah terjalin lama dan baik tersebut, banyak perwakilan dari Pemprov DKI Jakarta dikirim ke Belanda melalui program kerja sama untuk belajar tata kota ke Negeri Kincir Angin tersebut.

“Mereka mendapatkan pengalaman dari masyarakat dan pengelola kota khususnya di Rotterdam tentang pengelolaan air yang itu kemudian menjadi pembelajaran bagi tim kita di sini,” kata Anies menambahkan.

Selain itu, Anies juga mengatakan momen ini juga dimanfaatkan untuk berdiskusi mengenai masalah-masalah umum yang menyangkut perkembangan dunia.

“Jadi dari mulai persoalan inflasi sampai dengan masalah penanganan soal air, penanganan soal pangan, jadi sangat luas diskusi yang kita bahas tadi,” ucap Anies menambahkan.

Diketahui delegasi Rotterdam ini bertemu Anies sekitar jam 9.00 WIB dan berdiskusi sekitar satu jam.

Kunjungan dari Wali Kota Rotterdam tersebut juga diiringi berbagai pihak seperti Dubes Belanda untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN H.E. Lambert Grijns, Minister Plenipotentiary/ Deputy Chief of Mission and Head of the Economic Department Mrs. Ardi Stoios-Braken, Deputy Head of International Affairs Mrs. Roeleke Seinstra, Coordinator of EU International Affairs Mr. Chris de Lange, Director General for Urban Management Mr. Gerben Wigmans, dan Senior Economic Affairs Officer Ms. Indy Kateriamalia.

Selain dikunjungi walikota Rotterdam, Anies juga diagendakan bertemu dengan perwakilan dari Kota Berlin yang diwakili oleh State of Berlin Delegate to the Federation Permanent Secretary for Active Citizenship, Democracy Support and International Relations Ms Ana Maria Tr Snea.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)