Indramayu, Aktual.com – Kepolisian Resor (Polres) Indramayu, Jawa Barat, menangkap seorang bandar narkotika berinisial PR (25) yang diduga memiliki sebanyak 3 kilogram ganja kering siap edar.

“Kami tangkap PR di rumahnya dan setelah dilakukan penggeledahan ditemukan 3 kilogram lebih ganja kering,” kata Kapolres Indramayu AKBP Lukman Syarif di Indramayu, Jumat (30/12).

Menurutnya, tersangka PR (25) yang ditangkap baru-baru ini terbukti memiliki narkotika jenis ganja kering yang disimpan di rumahnya, baik sudah dibungkus kecil siap edar dengan jumlah cukup banyak.

Ia mengatakan penangkapan bandar narkotika itu setelah pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat yang mencurigai adanya transaksi narkotika di rumah tersangka.

Setelah dilakukan penyelidikan, kata Lukman, pihaknya mendatangi alamat rumah tersangka. Usai memperoleh ciri-ciri, petugas melakukan penangkapan pelaku.

“Ketika ditangkap tersangka mengelak sebagai pengedar, namun setelah digeledah ditemukan sejumlah barang bukti,” tuturnya.

Selain menyita barang bukti berupa ganja, kata dia, Polres Indramayu menyita telepon genggam yang sering digunakan tersangka untuk melakukan transaksi barang haram.

Untuk kepentingan penyelidikan, papar dia, saat ini pelaku ditahan untuk dilakukan pendalaman kasus, termasuk sebagai bahan pengembangan menangkap pengedar lainnya.

Tersangka dikenakan UU Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun kurungan penjara.

“Selain itu diancam denda Rp1 miliar hingga Rp10 miliar sesuai Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 111 ayat (1),” katanya.

(Warto'i)