Babel, aktual.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya menyiapkan generasi muda yang terampil dan punya keahlian agar semakin berdaya saing.

“Tantangan ke depan semakin berat, generasi ini harus disiapkan dengan baik agar kompetitif dan mampu menjawab tantangan zaman,” kata Bupati Bangka Barat, Markus di Mentok, Selasa (17/12).

Untuk memenangkan kompetisi di era mendatang, para generasi muda di daerah itu didorong agar memiliki keterampilan dan keahlian khusus sesuai bidang yang diminati.

“Di era serba digital, tentunya kita dituntut untuk serba cepat, kreatif, dan inovatif, untuk mendukungnya perlu segera disiapkan agar mereka semakin menguasai bidang keahlian,” tambahnya.

Menurut dia, pemerintah akan selalu mendukung berbagai kebutuhan yang dibutuhkan untuk menempa para siswa di sekolah agar semakin terampil dan ahli di bidang masing-masing.

Saat ini banyak lulusan sarjana yang belum bekerja sesuai harapan, namun hal tersebut tidak perlu membuat kecil hati karena masih ada peluang lain yang bisa dimanfaatkan.

“Hanya perlu diberi pembekalan keterampilan atau “soft skill” sesuai konteks kekinian agar mereka bisa bekerja dan mandiri,” katanya.

Beberapa keterampilan yang bisa diberikan, antara lain kemampuan berkomunikasi, “team work”, dan berbagai kemampuan lain.

Selain dukungan ke sekolah, Pemkab Bangka Barat juga berupaya menyiapkan generasi muda siap kerja dan memiliki keahlian dengan menggandeng pihak swasta.

“Belum lama ini kami kerja sama Jababeka Group dan telah mengirimkan 89 orang pemuda dan pemudi daerah yang kini sedang mengenyam pendidikan vokasi di Bekasi, program tersebut tanpa anggaran APBD sepeser pun,” jelasnya. (Eko Priyanto)

(Zaenal Arifin)