Jakarta, Aktual.co — Menteri perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengungkapkan bahwa harga bahan pokok menjelang ramadhan yang terus meroket akibat ulah spekulan. Padahal, stok yang ada sebenarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga akhir tahun ini.

“Stok bahan pokok cukup, spekulan yang banyak. Kita akan bicara kepada mereka janganlah memanfaatkan sehingga membuat masyarakat susah,” ujar Rachmat di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Jakarta, Jumat (5/6).

Lebih lanjut dikatakan dia, untuk mengatasi hal tersebut Kemendag bekerja sama dengan Kepolisian. Selain untuk menekan spekulan yang menimbun bahan pokok, hal tersebut juga bertujuan menjaga stabilitas harga menjelang puasa dan lebaran.

Untuk itu, Asisten Operasi Kapolri, Arif Wahyunadi mengatakan pihak Kepolisian akan melaksanakan Operasi Ketupat 2015 selama 16 hari berturut-turut.

“Kami akan lakukan lima hari sebelum hari lebaran dan sembilan hari setelahnya. Tapi bukan berarti Polri tidak melakukan sebelumnya, kami mulai melakukan penyisiran secara rutin,” pungkas Arif.

()

(Eka)