Jakarta, Aktual.co —  Permintaan batu permata kalimaya Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, selama ini cukup tinggi sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.
“Saat ini warga dari luar daerah mendatangi perajin-perajin permata kalimaya untuk membeli dengan jumlah banyak,” kata Edi Kalimaya, seorang perajin di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Sabtu (8/11).
Ia mengatakan, selama ini perajin kalimaya yang tersebar di Kecamatan Maja, Curugbitung dan Sajira kebanjiran order karena permintaan cukup tinggi.
Mereka para pembeli kalimaya datang dari Rangkasbitung, Jakarta, Bandung, bahkan Malaysia.
Karena itu, pihaknya terbantu dengan tingginya permintaan pasar tersebut.
Saat ini, perajin kalimaya terus meningkatkan kualitas agar bisa merebut pasar mancanegara.
Sebab permintaan kalimaya mulai pekerja buruh, pejabat daerah hingga menteri.
Adapun, harga permata kalimaya di tingkat perajin termurah Rp300 ribu sampai Rp20 juta.
“Saya kira permintaan kalimaya juga banyak warga asing yang datang ke sini,” katanya.
Seorang perajin batu permata di Sajira, Kabupaten Lebak, Japar mengaku saat ini batu kalimaya asal daerah itu terbaik di dunia karena memiliki aneka warna jenis dibandingkan dengan Australia, Amerika Latin dan Somalia.
Permintaan batu kalimaya, selain pasar domestik juga mancanegara cukup banyak. Dia menyebutkan, batu kalimaya asal Kabupaten Lebak memiliki keunggulan dibandingkan dari negara lain di dunia.
Selain warna tidak menghilang juga sangat mempesona karena punya aneka warna, seperti hitam, coklat, kuning ungu, biru dengan warna pelangi.
Batu kalimaya memiliki jenis warna, di antaranya Kalimaya Putih, Kristal Hijau, Kristal Pelangi, Kristal Hijau, Teh dan Kopi, Pelangi, Kristal susu dan lain-lain. “Semua jenis warna kalimaya memiliki daya tarik tersendiri juga pancaran warna pelangi dapat berubah-ubah. Itulah kelebihan permata asal Lebak,” katanya.
Kepala Bidang Industri Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Herisnen mengatakan, pemerintah daerah terus membina perajin batu kalimaya karena dapat meningkatkan ekonomi masyarakat juga penyerapan tenaga kerja.
“Kami terus membina perajin permata ini agar bisa menembus pasar dunia,” katanya.

()

(Nebby)