Jakarta, Aktual.com – Jika pemerintah mau maka PLN bisa menjadi perusahaan yang kuat. Sebaliknya jika pemerintah mau maka dalam sekejap bisa saja membangkrutkan PLN. Berikut cara membangkrutkan PLN (semestinya jangan ditiru atau dilaksanakan) :

1. Mangkrakkan semua pembangkit milik PLN, buat PLN tidak dapat memperbaiki pembangkit pembangkit yang mereka miliki, seperti pembangkit program fast track 10 ribu megawatt yang konon kabarnya tidak keluar strom.

Dengan demikian pembangkit miliki oligarki taipan yang hidup. Maka dengan demikian ketergantungan PLN terhadap swasta dan asing makin tinggi.

2. Paksa pembangkit PLN menggunakan bahan bakar yang lebih mahal seperti bahan bakar minyak dan gas. Sehingga pembangkit PLN tidak dapat lagi bersaing dengan pembangkit listrik swasta nasional dan asing. Dengan demikian maka pembangkit PLN salam tutup dengan sendirinya.

3. Paksa PLN membangun berbagai infrastruktur jaringan dengan keuangan PLN dan utang PLN. Dengan demikian maka PLN akan kesulitan uang, sehingga aset aset pembangkitnya dapat dijual. Sehingga PLN hanya punya jaringan listrik yang sepenuhnya digunakan oleh pihak swasta.

4. Paksa PLN menjalankan program penggunaan bahan bakar berbahan baku sawit, dengan demikian sawit sawit milik oligarki dan taipan laku dan mendapatkan pasar yang sangat besar yakni pembangkit PLN.

(Abdul Hamid)