Jakarta, Aktual.com — Sebanyak 19 kru Kapal Motor (KM) Formosa 9 yang sebelumnya dilaporkan tenggelam di perairan Kepulauan Nias, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat pada Selasa (11/8) pagi.

“Sudah dievakuasi oleh Kapal Bagan KM 1 GT.28 dari daerah Perairan Sarang Baung, Kepulauan Nias.. Semua kru dalam kondisi selamat. Hanya kita kesulitan berkomunikasi karena gangguan sinyal,” ujar Korpos SAR Sibolga, Abdul Rahman Sembiring melalui telepon.

Kepala Seksi Operasional SAR Medan, Gusti, menuturkan hal senada. Pihaknya mendapat informasi dari Tim SAR Nias Teluk Dalam dan Tim SAR Sibolga, bahwa seluruh kru kapal diselamatkan oleh Kapal Bagan KM 1 GT.28 dengan Nahkoda bernama Arifin.

“Kita di Medan baru dapat informasi dari SAR Nias Teluk Dalam dan SAR Sibolga, bahwa 19 kru kapal yang ada dalam KM Formosa 9 telah dievakuasi. Semuanya dinyatakan selamat,” terang Gusti.

Seluruh korban selamat yang merupakan awak kapal penangkap ikan tersebut, sambungnya, saat ini sedang dibawa menggunakan Kapal Bagan KM 1 GT.28 kembali ke Sibolga.

“Sekarang para korban sedang dibawa kembali menuju Sibolga. Kalau kondisinya yang jelas semua selamat. Kapal yang tenggelam adalah kapal penangkap ikan,” tutur Gusti.

Awalnya, mereka mendapat informasi dari TIM SAR Nias Teluk Dalam, terjadi kondisi darurat dialami KM Formosa 9 dengan Nakhoda bernama Heri. Kapal itu dihantam badai besar di perairan Kepulauan Nias, Selasa pagi tadi, sekitar pukul 08.00 wib.

“Kemudian langsung kita arahkan SAR Nias Teluk Dalam dan SAR Sibolga untuk melakukan pencarian. Syukur sebelum Tim SAR sampai dilokasi, sudah ada kapal bagan yang menolong kru kapal,” imbuhnya.

()

()