Jakarta, Aktual.com — Bulan Ramadan tentunya menjadi ajang bagi umat Islam melakukan berbagai kegiatan Islam yang positif. Biasanya di beberapa Masjid akan mengadakan kegiatan Islami dalam mewarnai bulan suci ini.

Seperti salah satunya, di Masjid Al Munnawar di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Masjid yang sudah berdiri puluhan tahun ini selalu mengadakan kegiatan Islami untuk merayakan bulan Ramadan. Hal tersebut dikatakan oleh Iwan, pengurus Masjid Al Munnawar.

“Bulan Ramadan di sini kita selalu adakan kegiatan rutin, tarawih, itikaf dan tadarus Al Quran. Namun, tadarus dan itikaf akan dimulai 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri,” ujar Iwan, di Jakarta.

Selain kegiatan di atas, menurut Iwan, setiap harinya tentunya ada pembagian takjil dan juga makanan bagi para Musafir serta jemaah yang datang saat berbuka puasa di Masjid Al-Munnawar

“Di sini kita ada pembagian takjil gratis untuk para Musafir dan jemaah yang ingin berbuka puasa,” ucapnya

Iwan menerangkan, bahwa takjil dan makanan buka puasa yang digelar oleh warga sekitar Masjid A-Munnawar yang secara bergantian memberikan sumbangan makanan ke Masjid Al-Munnawar.

“Untuk takjil dan makanan buka puasa, itu dari warga. Jadi, setiap hari minimal 10 warga yang nyumbang makanan untuk Masjid sekiranya dua nampah nasi untuk berbuka disini,” papar Iwan

Di pelataran halaman Masjid juga terlihat beberapa tenda-tenda yang sudah dibangun. Menurut Iwan, para peserta sudah berlangganan dalam membuka lapak di Masjid Al-Munnawar.

“Mereka rutin tiap bulan Ramadan, selalu kasih proposal perijinann. dan biasanya banyak, nggak tahu juga kenapa tahun ini sedikit. tenda itu ice cream, satunya lagi agent tour perjalanan,” ujar Iwan.

()