Jakarta, Aktual.com — Mengenakan baju batik berwarna biru, anak buah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Said Didu terlihat nongol di Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat (20/11).

Sekitar pukul 08.01 WIB, staf khusus Menteri ESDM itu keluar dari kantor KPK. Ketika dibrondong pertanyaan perihal kedatangannya ke KPK, dia mengaku hanya menumpang merokok.

“Saya cuma mau merokok saja,” ujar dia sambil bergurau.

Ketika disinggung kedatangannya ke KPK telah menyerahkan rekaman pertemuan Ketua DPR Setya Novanto dan petinggi PT Freeport, lagi-lagi Said Didu mengklaim hanya merokok di kantor KPK.

“Tidak, cuma mau merokok saja,” ujar dia.

Namun demikian ketika dikonfirmasi ke Pelaksana tugas pimpinan KPK Indrianto Seno Adjie perihal kedatangan Said Didu untuk menyerahkan rekaman pertemuan itu, dia mengaku belum mengetahui.

“Saya belum tahu soal itu, (nanti dikonfirmasi),” kata Indrianto.

Said Didu juga diketahui telah menyerahkan bukti rekaman dugaan pembicaraan berisi pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, Rabu (18/11) sore. Dia mengaku menyerahkan rekaman tersebut karena Sudirman Said sedang berada di luar negeri.

“Saya ditugaskan Pak Menteri untuk mengambil rekaman dan saya sudah terima rekaman itu dalam amplop tertutup dari orang yang memang kami anggap bahwa dia secara logika, memang itu adalah sumber rekaman asli dalam transkrip dua hari lalu,” kata Said Didu.

Meski demikian, dia enggan membeberkan siapakah orang yang telah merekam pembicaraan tersebut. “Dari sumber yang sah,” katanya.

(Wisnu)