Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi III DPR RI Syarifudin Suding menilai jika Komjen Pol Budi Gunawan (BG) akan dapat membangun komunikasi dan kordinasi baik dengan institusi negara dalam deteksi dini ancaman keamanan nasional.

Hal itu menanggapi keputusan Presiden Jokowi menunjuk BG sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

“BG mampu membangun komunikasi dan koordinasi yg baik dgn institusi negara yg kain sehingga deteksi dini terhadap berbagai ancaman bangsa dapat teratasi dengan baik,” kata Suding saat dihubungi, di Jakarta, Senin (5/9).

Menurut Politikus Hanura itu, langkah presiden sangat tepat dan partai Hanura akan memberikan dukungan penuh atas penunjukan tersebut.

“Partai Hanura memberikan dukungan penuh atas penunjukan tersebut mengingat banyak persoalan terhadap ancaman bangsa dan negara saat ini yang perlu ditangani seorang KABIN yang tangguh dan profesional seperti masalah teroris yang merupakan ancaman global kejahatan transnasional mengarah pada idiologi anti pancasila dan menebabar teror yg mengancam kedaulatan bangsa dan keutuhan NKRI,” papar dia.

“Begitupula kejahatan cybercrime yang mengancam sendi-sendi kehidupan dan kerukunan berbangsa dan bernegara dan kejahatan narkoba dan lain-lain dan karenanya dibutuhkan seorang KABIN yang memiliki integritas dan kapabilitas untuk menangani hal tersebut dan sosok Komjen Budi Gunawan sangat tepat utk jabatan itu,” pungkasnya. (Novrizal Sikumbang)

(Andy Abdul Hamid)