Gubernur Jawa Trngah Ganjar Pranowo. (ANTARA/HO-Humas Pemprpv Jateng)

Semarang, Aktual.comGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Itu semua demi kepentingan bangsa dan negara saat ini.

“Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap,” ujar Ganjar dalam talkshow stasiun tv swasta BTV, Selasa (18/9).

Ganjar menegaskan sebagai anggota partai dirinya siap kapanpun bila diperlukan. Sehingga, dalam konteks pencapresan, dia melihat ada dua realitas.

Pertama, realitas proses di dalam partai yang harus dihormati oleh kader. Kedua, kata dia, realitas sosial terkait survei yang dibuat sebagai lembaga.

“Maka biarkanlah kita kasih kesempatan kepada partai yang menetukan untuk mereka berdialog, berkomunikasi untuk mengambil yang terbaik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ganjar menuturkan semua kader, termasuk dirinya harus siap menjadi capres jika sudah diputuskan oleh partai setelah melakukan berbagai pertimbangan.

“Yang kedua tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan,” ujar Ganjar.

Ganjar menambahkan bangsa ini tidak bisa diurus oleh satu pihak saja. Dia berkata butuh kolaborasi antar pihak, khususnya partai. Sebab, banyak persoalan yang membutuhkan pemikiran banyak pihak.

Ganjar mencontohkan tantangan bangsa Indonesia ke depan yang perlu dihadapi dengan serius, antara lain persoalan ekonomi, pangan, dan energi.

“Rasa-rasanya bangsa ini terlalu besar untuk diurus sendirian. Ada banyak multidimensi persoalan yang ada di sana dan membutuhkan kebersamaan,” ujarnya.

Lebih dari itu, Ganjar menyampaikan deklarasi dirinya sebagai capres tergantung keputusan partai.

“Yang mendeklarasikan adalah partai-partai itu. Saya tidak tahu apakah partai cukup percaya dengan saya,” ujar Ganjar.

“Untuk bangsa dan negara ini, apa sih yang tidak siap,” kata Ganjar kembali menegaskan ketika ditanya kesiapannya menjadi capres.

(Wisnu)