Teten Masduki dan Pratikno (istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo dinilai amatir karena telah asal menunjuk menteri. Karena kesalahan memilih menteri berkewarganegaraan ganda, pemerintahan Jokowi pun dianggap mempermalukan Indonesia di mata internasional.

“Masak warga negara asing diangkat jadi menteri. Ini ulah seperti hanya bikin malu, dan lelucon bagi negara negara lain,” ujar Pengamat Anggaran Uchok Sky Khadafi di Jakarta, Selasa (16/8).

Untuk itu, lanjutnya, Presiden Jokowi harus mengevaluasi kinerja Mensesneg Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Pasalnya, dua palang pintu istana ini disebut-sebut tidak punya kontribusi apa-apa dalam mengamankan kebijakan presiden.

“Maka terjadilah Arcandra-Gate yang sangat memalukan dan berakibat hilangnya kepercayaan publik kepada Presiden Jokowi. Dan kalau perlu harus segera memecat Pratikno dan Teten Masduki,” cetus Uchok.

Uchok pun mengingatkan, Presiden masih memiliki utang kepada publik, yaitu mencari siapa yang mengusung atau membawa Archandra Tahar kepada presiden.

“Dan orang ini, kalau menteri harus dipecat, bila dia jadi menteri. Karena dia yang ‘menyusupkan’ agar jadi menteri dan rahasia sumber migas kita bisa dibuka ke dunia global,” pungkasnya.

 

Laporan: Nailin

()

()