Jember, Aktual.com – Permasalahan sampah dan kesadaran yang rendah di Kelurahan Jember Kidul Kaliwates, membuat Lurahnya mengambil tindakan tegas. Sampah menumpuk yang mengakibatkan separuh ruas jalan KH.Siddiq Jember Kidul, Kecamatan kaliwates, Jember, tergenang luapan dari selokan atau saluran irigasi, sudah tidak dapat ditoleransi lagi.

“Kami akan memberikan surat peringatan kepada toko – toko yang berada di saluran irigasi ini, karena kurangnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya,” ujar lurah Jember Dewi Kamtiko, saat dikonfirmasi di lokasi saluran irigasi yang tersumbat, Rabu (30/11).

Selain itu juga, Kelurahan Jember Kidul juga akan melakukan mediasi kepada pemilik toko yang berada disepanjang saluran irigasi ini. “Kami akan secepatnya melakukan pemanggilan kepada pemilik toko yang berada di sini, karena kami juga akan memberikan teguran dan SP kepada pemilik toko maupun usaha lainnya,” ungkap lurah Jember Kidul yang akrab disapa dengan Tika.

Sehingga dengan terjadinya sampah yang menumpuk di saluran irigasi tersebut, pihak kelurahan Jember Kidul menghimbau kepada warganya, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Agar saluran irigasi tersebut lancar tidak tersumbat kembali.

“Kami himbau kepada masyarakat Jember Kidul, khususnya dilingkungan talangsari ini untuk tidak membuang sampah sembarangan, buanglah sampah ada tempatnya. Supaya selokannya tidak tersumbat lagi,” imbaunya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)