Komjen Pol Budi Gunawan. (ilustrasi/aktual.com)
Komjen Pol Budi Gunawan. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo ( Bamsoet ) meyakini jika proses fit and proper test Komjen Pol Budi Gunawan (BG) di Komisi I DPR RI sebagai Kepala BIN yang ditunjuk presiden akan berjalan mulus.

“Saya yakin, fit n proper kali ini pun di Komisi I akan berjalan mulus. Sebagai jenderal polisi bintang tiga dan orang nomor dua di Polri, BG tentu sangat paham tantangan yang bakal dihadapi BIN ke depan dan akan dibawa kemana institusi indra presiden tersebut,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (6/9).

Dikatakan Bamsoet, sebagai indera dari presiden nantinya, BG harus sudah mampu melakukan penetrasi jaringan terorisme, sindikat narkotika, korupsi hingga pasar gelap yang tentu menjadi tantangan BIN dan Indonesia ke depan.

Semua kecenderungan itu, sambung Politikus Golkar ini, harus disikapi dengan respons tegas dan lugas demi terjaganya ketahanan nasional.

“Dan BG diyakini mampu melakukan penguatan intelijen nasional dari waktu ke waktu. Dan itu menjadi pilihan yang tak terelakan. Inilah garis besar permasalahan yang dihadapi dan harus  dikerjakan oleh BG sebagai pimpinan Badan Intelijen Nasional (BIN),” sebut dia.

Sebab, dikatakan Bamsoet, sudah begitu sering intelijen negara dipersalahkan dan dituding kecolongan, dalam persepsi kebanyakan masyarakat yang awam, sejumlah peristiwa atau kasus seperti serangan teroris, penyelundupan narkoba, penyelundupan produk manufaktur dan senjata api hingga praktik korupsi, seharusnya  bisa ditangkal jika intelijen negara bekerja efektif.

“Hingga kini, masyarakat masih berasumsi bahwa kerja intelijen negara belum cukup efektif,”pungkasnya.

(Novrizal Sikumbang)

()