Liburan wisata

Jakarta, aktual.com – Harga tiket pesawat tentu menjadi salah satu yang membuat budget perjalanan menjadi mahal. Terlebih kegiatan wisata yang menggunakan biaya pribadi. Tentu hal ini berbeda jika anda melakukan perjalanan atas perintah tempat anda bekerja, maka biaya tiket pesawat yang mahal tentu tidak menjadi masalah. Namun tentu tidak begitu halnya dengan perjalanan wisata terlebih pada musim liburan dan jarak tempuh yang jauh. Tentu harga tiket pesawat akan mahal. Bandingkan jika perjalanan wisata juga dilakukan bersama anggota keluarga lainnya yang akan sangat membuat biaya liburan membengkak.

Namun ada beberapa cara agar anda mendapatkan tiket pesawat murah sehingga biaya liburan juga akan menjadi murah. Lakukan beberapa cara seperti hindari masa dimana harga tiket pesawat akan melambung seperti pada akhir tahun atau mendekati perayaan hari besar atau hari raya agama tertentu. Selain masih banyak tips lainnya dalam mendapatkan tiket pesawat murah.

Selain melakukan tips dalam pembelian tiket pesawat, liburan juga bisa dilakukan dengan biaya murah jika anda bijak dalam menentukan beberapa hal dalam berwisata. Cek harga tiket pesawat murah pada beberapa agent agar wisata anda dan keluarga dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal. Karena biasanya selama berwisata akan banyak sekali biaya-biaya yang tak terduga. Maka bijak dalam melakukan pengeluaran biaya selama masa berwisata sebaiknya menjadi pertimbangan juga lho. Mari simak beberapa tips berikut ini yang dapat dilakukan semasa liburan agar budget untuk liburan anda dan keluarga tidak membengkak:

1. Strategi dalam pembelian tiket pesawat
Lakukan pemesanan tiket pesawat pada waktu tertentu seperti hindari waktu dimana biasanya banyak orang-orang mudik atau libur sekolah dimana biasanya dikenal dengan pick season akan terjadi pada banyak maskapai. Juga lakukan pemesanan pada hari Selasa atau hari kerja lainnya. Strategi lainnya adalah jika anda berlibur dengan anggota keluarga maka lakukan pemesanan tiket tidak dalam masa terburu-buru. Juga hindari pembelian tikat secara kolektif, tapi lakukan pembelian secara perorangan.

2. Berwisata pada hari biasa
Biasanya pada musim liburan, selain angka pelancong akan meningkat, maka tempat-tempat wisata juga akan dipadati pengunjung dan tarif masuk juga akan berbeda atau lebih mahal. bayangkan jika tarif masuk hingga 150 ribu per orang dan anda berwisata dengan banyak anggota keluarga maka biaya tentu tidak akan sedikit. Maka pilihlah waktu dimana tarif tempat wisata berlaku normal yaitu pada hari biasa.

3. Menginap pada saudara dan kenalan
Biasanya biaya hotel menjadi salah satu budget yang membuat liburan akan terasa mahal. jika anda memiliki kerabat dekat atau kenalan yang memiliki hubungan dekat maka tak ada salahnya ikut menginap bersama mereka. Selain hubungan kearaban akan semakin baik juga penghematan akan sangat terasa.

4. Hindari restoran di dalam area tempat wisata
Tak dapat dipungkiri jika restoran pada lokasi wisata akan memasang harga mahal maka menu yang mereka jual. Anda dan keluarga dapat makan di luar area wisata atau pilihlah warung yang biasa saja. bahkan dengan menu yang sama terkadang anda masih dapat menikmati makanan lezat meski dari restoran dan warung yang berbeda harganya. Atau anda dapat mencoba lesehan yang ada di tempat wisata yang biasanya memasang harga makanan yang sangat terjangkau.

5. Gunakan transportasi yang tepat
Anda bisa memutuskan charter mobil dan sebagainya. Karena beberapa tempat wisata tersedia transport yang memadai dengan harga yang sangat murah. dapatkan informasi akan hal tersebut. Di samping itu dengan menggunakan transport lokal maka anda juga dapat berinteraksi dengan penduduk setempat. Di samping transport setempat pastilah sangat murah.

6. Tanyakan pada yang paham
Jika anda memiliki kenalan pada tempat wisata yang anda kunjungi maka tak ada salahnya menanyakan perihal tempat wisata yang akan dikunjungi. Jangan sampai anda salah mendatangi tempat wisata. Sehingga budget yang anda keluarkan akan sia-sia. Atau pastikan dengan mereka yang mengetahuinya, jika tempat wisata tersebut memang menjadi target anda dan keluarga.

7. Gunakan bahasa daerah
Mungkin hal ini terkesan sulit. Namun anda dapat menghafal beberapa kata yang digunakan sehari-hari. Seperti selamat pagi, terima kasih atau apa kabar. Meski anda tidak mahir bahasa setempat namun jika anda dapat melafalkan beberapa kata umum tersebut maka secara tidak langsung penduduk tersebut akan menerima anda dan suasana akrab akan terjalin. Lakukan hal ini terutama saat anda belanja suvenir atau makanan sehingga siapa tau anda akan mendapatkan diskon yang tak terduga.

8. Tempat wisata yang bari dibuka
Biasanya tempat wisata seperti ini memasang tarif masuk yang sangat murah. Tak lain tujuannya adalah untuk perkenalan dan menarik minat atau perhatian pelancong. Tak ada salahnya jika anda gunakan kesempatan ini.

Selamat berwisata ya, dengan keluarga dengan budget yang sesuai dengan kantong anda tentunya.

(Zaenal Arifin)