Jakarta, aktual.com – Mengatur perjalanan bisnis tentunya membutuhkan perhatian ekstra karena ada begitu banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Alih-alih menjadi stres, Anda bisa mencoba beberapa tips untuk membuatnya lebih terorganisir. Dengan begitu, perjalanan bisnis Anda pun jadi lebih nyaman dan efisien.

1. Mempersiapkan Dokumen Penting yang Harus Dibawa
Buatlah daftar yang rinci tentang dokumen apa saja yang harus Anda bawa, baik yang berhubungan dengan urusan bisnis ataupun pribadi. Kemudian, simpan dokumen pribadi seperti KTP dan tiket penerbangan dalam satu wadah khusus. Dengan demikian, Anda akan lebih gampang menunjukkannya saat melalui proses pengecekan di bandara.

2. Memilih Akomodasi yang Tepat
Kunci untuk memilih akomodasi yang tepat tergantung pada lokasi dan lamanya perjalanan Anda. Jika Anda hanya akan tinggal selama beberapa jam, pilih akomodasi yang berada di dekat tempat bisnis dan bandara. Namun, apabila Anda memiliki waktu luang di luar urusan bisnis, memilih sebuah hotel di pusat kota akan memberi akses lebih mudah ke banyak tempat wisata. Juga, sebaiknya cari hotel yang memiliki fitur-fitur khusus seperti ruang konferensi, layanan resto 24 jam, dan brankas untuk menjaga barang-barang berharga Anda.

3. Mempertimbangkan Transportasi yang Nyaman

Tak cuma satu tempat, Anda akan mengunjungi beberapa lokasi? Menyewa alat transportasi, seperti mobil misalnya, bisa jadi solusi terbaik untuk memastikan kenyamanan Anda. Selain dapat membantu untuk menghemat waktu, cara ini tentu lebih aman ketimbang Anda harus naik transportasi umum.

4. Manajemen Waktu yang Baik
Seorang pelancong bisnis biasanya memiliki agenda yang sangat ketat. Oleh karena itu, selalu siapkan waktu ekstra untuk berjaga-jaga ketika jadwal Anda mendadak berubah. Hal ini penting untuk dilakukan, terutama pada waktu-waktu yang berdekatan dengan jadwal penerbangan Anda. Jika lalu-lintas mendadak macet atau ternyata jam rapat melampaui waktu yang dijadwalkan, Anda pun tidak perlu cemas ketinggalan pesawat.

5. Menggunakan Layanan Corporate Travel Management
Corporate travel management jadi solusi cepat dan mudah untuk mengatur perjalanan bisnis Anda. Yuk, segera daftar di Airy Business, yang merupakan salah satu travel management companies in Indonesia yang berbasis online pertama. Sistem daring ini akan membuat segala kegiatan administrasi untuk perjalanan bisnis Anda terpusat dalam satu platform saja. Mulai dari pencarian tiket pesawat, kamar hotel, sampai laporan pengeluaran akan tersusun rapi dalam sistem yang canggih ini.

6. Hiburan untuk Menemani Perjalanan
Waktu tunggu yang panjang selama perjalanan tentunya akan membuat Anda bosan. Untuk menghilangkan kebosanan di sela-sela menunggu jadwal terbang atau klien yang tak kunjung datang, Anda bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan. Sebagai contoh, Anda bisa mendengarkan musik, nonton film, atau main game. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membawa novel, game favorit, atau mengisi ponsel pintar dengan daftar lagu kesukaan.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda coba. Mengatur perjalanan bisnis bisa jadi kegiatan yang melelahkan dan bikin stres. Namun, kini segalanya jadi lebih simpel dengan adanya Airy Business. Sebagai platform pertama yang mempelopori sistem manajemen perjalanan dinas online di tanah air, ada banyak kemudahan yang bakal Anda temukan saat menggunakan layanan ini.

Pengguna akan diberi keleluasaan untuk memilih kamar hotel dan penerbangan yang sesuai dengan kebijakan perjalanan atau anggaran yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, tersedia lebih dari 9.000 rute penerbangan dan 20.000 hotel yang siap Anda pilih. Bahkan, pelaporan invoice perjalanan dinas pun bisa dilakukan secara otomatis. Dengan memanfaatkan sistem ini, perusahaan pastinya akan lebih mudah dalam mengatur rencana perjalanan dinas karyawan.

(Zaenal Arifin)