Abuya Uci Turtusi
Abuya Uci Turtusi

Tangerang, aktual.com – Pengasuh Pondok Pesantren al-Isatiqlaliyah, Abuya Uci Turtusi meliburkan seluruh pengajian umumnya untuk menghindari penularan virus Corona (Covid 19). Hal itu disampaikan langsung Abuya usai mengisi pengajian rutin Kamis [26/3] malam.

“Pengajian minggu pagi, malam selasa dan malam jumat untuk sementara diliburkan” sambung ulama kharismatik tangerang ini.

Karena pengajian diliburkan maka sekarang waktunya untuk mengamalkan ilmu, ilmu-ilmu yang sudah dipelajari saatnya diamalkan dan karena kita dihimbau untuk menghindari kerumunan baik di dalam ruang publik maupun tempat ibadah maka saatnya sekarang berkhalwat [mengasingkan diri] untuk mendekatkan diri kepada Allah swt, ujar Abuya Uci.

Di dalam khalwat [mengasingkan diri] tersebut, Abuya menyuruh untuk memperbanyak membaca shalawat, baik di siang hari dan malam hari, dengan shalawat yang disukai oleh pribadi masing-masing, tetapi Abuya menganjurkan untuk membaca shalawat munjiat.

Adapun cara membaca shalawatnya: bersihkan kamar terlebih dahulu, kemudian mandi dengan niat sehat dan afiah [sehat yang sempurna], posisi saat membaca shalwatnya dengan duduk sila, dimulai dengan membaca istigfar, baru membaca shalawat dengan memejamkan mata sembari membayangkan sifat rasulullah baik bentuk fisiknya dan akhlaknya, jumlah shalawatnya tidak memakai bilangan dan bacanya jangan cepat-cepat.

Kata Abuya, cara membaca shalawat tersebut adalah cara pertama agar menjadikan hati dan pikiran cendrung kepada rasulullah saw.

Tidak ada wirid yang terbaik kecuali wirid membaca shalawat, pungkas Abuya Uci Turtusi.

(Eko Priyanto)