Jakarta, Aktual.com – Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengaku bercita-cita agar anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) tidak lagi melakukan penilangan terhadap pengguna kendaraan di jalan raya.

Polantas yang bertugas di jalanan diinginkannya hanya melakukan pengaturan lalu lintas, agar para pengguna jalan tertib.

“Ke depan, saya harapkan anggota lalin (Polantas) turun ke lapangan, kemudian mengatur lalin yang sedang macet, tidak perlu melakukan tilang,” ujarnya dalam prosesi Fit and Proper Test (FnP) calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1).

Adapun penindakan pelanggaran lalu lintas, lanjut Listyo yang masih menjabat sebagai Kabareskrim Polri ini, secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakkan hukum berbasis elektoronik atau biasa disebut etle.

“Yang bertjujuan mengurangi interaksi dalam proses penilangan, guna menghindari ternadinya penyimpangan saat anggota melaksanakan proses tersebut,” jelasnya.

“Ini kita harapkan menjadi icon perubahan perilaku Polri, khususnya di sektor pelayanan lini terdepan yaitu anggota kita di lalin,” tukasnya.(RRI)

(Warto'i)