(ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Debat kelima pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Sabtu (13/4) malam mengakhiri rangkaian debat Pilpres 2019.

Tema debat terakhir, yang menampilkan kedua pasangan calon, yakni nomor urut 01 Joko Widodo dengan Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 pasangan Prabowo Subianto dengan Sandiaga Salahuddin Uno itu, adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan dan industri.

Empat rangkaian debat sebelumnya adalah, debat pertama pada 17 Januari 2019 dengan tema mengangkat tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Debat kedua berlangsung pada 17 Februari 2019 dengan tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, dan infrastuktur.

Debat ketiga dilaksanakan pada 17 Maret 2019 dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan serta sosial dan kebudayaan. Debat keempat pada 30 Maret 2019 bertema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.

Berakhirnya debat yang disiarkang secara langsung sejumlah stasiun televisi tersebut sekaligus pula mengakhiri rangkaian kampanye Pilpres 2019 dan mulai Minggu, 14 April hingga Selasa, 16 April memasuki masa tenang, sebelum dilaksanakannya pencoblosan untuk Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 pada Rabu, 17 April.

(Abdul Hamid)